Koperasi di DCML Pesantunan Brebes Salurkan Pinjaman Mikro dan Kecil

Editor: Makmun Hidayat

BREBES — Selain aktif menyalurkan pinjaman mikro bagi 1.700 ribu lebih kurang mampu, unit usaha Modal Kita Koperasi Berkah Damandiri selama ini tercatat juga aktif menyalurkan pinjaman kecil bagi warga Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah. 

Tak seperti pinjaman mikro yang hanya memiliki plafon Rp1-3 juta per anggota, program pinjaman kecil ini memiliki plafon pinjaman yang jauh lebih besar yakni mencapai Rp15-25juta. Sehingga diharapkan mampu memajukan serta mengembangkan usaha warga agar lebih besar dari sebelumnya.

“Jika sasaran pinjaman kecil adalah kelompok masyarakat kurang mampu dari kalangan pra sejahtera maupun sejahtera 1, maka pinjaman kecil ini sasarannya adalah masyarakat dari kalangan sejahtera 2 atau 3,” ujar Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Mulai berjalan sejak pertengahan tahun 2020 lalu, program pinjaman kecil yang dijalankan unit usaha Modal Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan sampai Mei 2021 ini tercatat telah mampu menyasar sekitar 200an anggota. Yakni dengan total guliran dana mencapai Rp500 juta.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, Selasa (25/5/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana/HO

“Seperti halnya pinjaman mikro, modal awal pinjaman kecil ini sepenuhnya juga berasal dari bantuan dana pinjaman Yayasan Damandiri. Yakni mencapai Rp500juta,” ungkapnya.

Semakin banyaknya program yang dijalankan Koperasi Berkah Damandiri ini, tentu diharapkan akan mampu memperluas pemanfaatan pinjaman modal usaha bagi warga khususnya anggota koperasi. Dengan begitu, perekonomian serta kesejahteraan masyarakat DCML Pesantunan Wanasari Brebes juga diharapkan akan semakin meningkat.

“Diharapkan, usaha warga yang sebelumnya telah berkembang karena bantuan pinjaman modal usaha mikro, akan dapat semakin berkembang lagi, lewat dukungan program pinjaman usaha kecil. Sehingga kesejahteraan maupun taraf hidup warga juga akan meningkat. Misalnya dari semula kelompok sejahtera 1 menjadi sejahtera 2, dan seterusnya,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Pesantunan Brebes, Jawa Tengah, sebagai desa binaan sejak tahun 2018 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri, melakukan berbagai upaya pemberdayaan, baik itu di bidang pendidikan kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi.

Selain menggelontorkan dana bantuan hibah sosial mencapai miliaran rupiah, Yayasan Damandiri juga turut menggelontorkan dana pinjaman modal usaha mencapai Rp2,5 miliar lebih pada Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, selaku motor perekonomian desa.

Dana pinjaman ini difokuskan untuk memberikan akses permodalan bagi warga. Selama 3 tahun berjalan, tercatat telah ada sebanyak 1700 warga yang mendapat manfaat program pinjaman modal usaha ini. Yakni dengan total guliran dana mencapai Rp4,5miliar.

Lewat program pinjaman modal usaha inilah diharapkan, perekonomian warga desa akan tumbuh dan berkembang. Yang pada akhirnya akan mampu mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah.

Lihat juga...