Kuliner di Jember Ini Enak dan Murah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER  – Kota Jember, Jawa Timur, memiliki banyak kuliner yang menarik dinikmati. Salah satunya kuliner yang hanya seharga Rp5.000 dan sudah mampu membuat perut menjadi kenyang.

Kawasan kuliner yang terletak di Jalan Bangka, Jember, misalnya, setiap pagi ramai pembeli. Banyak warga datang membeli  makanan untuk dibawa pulang yang terhitung cukup murah dan sudah membuat perut menjadi kenyang.

Suja’iah, pemilik salah satu tempat makan di kawasan itu, mengatakan, ada tiga menu makanan yang dirinya jual, yakni nasi jagung, nasi pecel, dan lontong pecel. Hampir setiap hari ketiga menu yang disediakan tersebut habis terjual.

Suja’iah di tengah kesibukannya melayani para pembeli yang sedang mengantre, di wilayah Jalan Bangka, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021). – Foto: Iwan Feri Yanto

“Dari jam 5 pagi, saya buka tempat makan ini. Sampai nanti sekitar jam 11 siang baru tutup. Pernah juga jam 9 siang sudah tutup. Sebab tidak ada yang bisa dijual lagi. Karena pembeli yang datang lagi ramai,” ujar Suja’iah kepada Cendana News, di wilayah Jalan Bangka, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021).

Usaha kuliner miliknya, yang kerap kali habis terlebih dahulu, yakni menu nasi jagung. Sebagian orang harus datang lebih pagi agar bisa kebagian menu nasi jagung andalan Suja’iah.

“Setiap pagi pembeli yang datang alhamdulillah cukup ramai. Mereka juga bisa memilih menu makanan yang sudah disediakan. Sengaja saya sediakan beberapa menu makanan, karena biasanya orang Jember setiap kali sarapan menu yang dipilih adalah nasi pecel. Maka, saya tambah dengan varian menu nasi jagung,” ucapnya.

Untuk menu makanan nasi jagung, seringkali dirinya sudah kehabisan lebih awal, sehingga pembeli yang datang agak siang kecewa.

“Ternyata, diam-diam setiap hari menu nasi jagung ini juga diincar warga. Namun walaupun kadang lebih cepat habis, porsi yang saya jual setiap harinya sama. Satu wadah besar nasi jagung dan satu wadah besar nasi putih,” ucapnya.

Arifin, salah satu pembeli mengatakan, dirinya menjadi berselera makan sebab setiap pagi menu makanan yang disajikan dalam keadaan hangat semua. Enak untuk dijadikan makanan sarapan pagi.

“Saya sendiri lebih suka yang nasi jagung. Kalau itu pun masih kebagian. Namun kalau sudah kehabisan menu yang lain sebenarnya juga tidak apa-apa. Satu porsi makan yang dihidangkan sudah cukup banyak, sedangkan harganya hanya Rp5.000 wajar saja yang antre ramai,” ucapnya.

Lihat juga...