Kunjungan Wisatawan di DCML Samiran Capai 4.000 Lebih

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Di tengah kondisi pembatasan jumlah pengunjung akibat pandemi Covid-19, sejumlah unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, diketahui ramai pengunjung selama masa libur lebaran.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, menyebut selama libur lebaran H+3 hingga H+6, kawasan wisata Kampung Damandiri tercatat dikunjungi lebih dari 4.000 wisatawan dengan capaian pemasukan mencapai Rp50 juta lebih.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.300 wisatawan yang berkunjung ke unit usaha Warung Kita/Warung Damandiri. 2.000 wisatawan yang berkunjung ke unit usaha Taman Bunga Merapi Garden. Serta 700 orang yang menginap di unit usaha Homestay Damandiri.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, saat dijumpai, beberapa waktu lalu. -Foto: Jatmika H Kusmargana

“Unit usaha Warung Damandiri serta Taman Bunga Merapi Garden tutup 3 hari selama masa libur lebaran kemarin. Yakni sejak 12-14 Mei 2021. Keduanya baru mulai buka pada tanggal 15 Mei 2021. Hal ini dikarenakan di kawasan Selo masyarakat baru berlebaran pada hari Jumat 14 Mei 2021,” ujarnya.

Meningkatnya jumlah wisatawan selama masa libur lebaran, secara langsung berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat, yang selama beberapa bulan terakhir mengalami kesulitan akibat pandemi. Selain mampu kembali menyerap tenaga kerja, serta mengurangi angka pengangguran, ramainya kawasan wisata DCML Samiran juga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Tentu pendapatan warga desa secara otomatis meningkat. Misalnya saja para pemilik atau pengelola homestay. Meski tingkat okupansi homestay hanya sekitar 70 persen, paling tidak mereka bisa mendapatkan peningkatan pendapatan selama libur lebaran. Itu belum termasuk warga lain yang bekerja sebagai pedagang makanan-minuman, oleh-oleh, tukang parkir, dan sebagainya. Tentu ini menjadi angin segar di tengah situasi pandemi,” ungkapnya.

Mulai ramainya kawasan wisata DCML Samiran selama masa libur lebaran ini juga diharapkan bisa semakin memulihkan kondisi perekonomian masyarakat selama ini. Dengan begitu, kesejahteraan seluruh warga desa DCML Samiran, secara perlahan juga akan semakin meningkat. Sebagaimana tujuan dan cita-cita dari program DCML yang dicanangkan Yayasan Damandiri.

Lihat juga...