Lebaran, 70 Persen Homestay Damandiri Samiran Sudah Dipesan

Editor: Koko Triarko

BOYOLALI – Beberapa hari menjelang masa libur lebaran kali ini, sejumlah homestay di Kampung Homestay Damandiri, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, sudah banyak dipesan pengunjung.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, menyebut, hingga H-3 kemarin, 70 persen dari total 70 kamar yang tersebar di 23 homestay, tercatat telah dipesan wisatawan. Hal ini menjadi kabar gembira bagi para pelaku usaha homestay DCML Samiran, di tengah masa pandemi.

“Kurang lebih sudah sekitar 70 persen kamar homestay sudah penuh. Khususnya untuk hari Sabtu-Minggu. Mayoritas pemesan merupakan wisatawan lokal yang berasal dari daerah Solo Raya,” ungkapnya, kepada Cendana News, belum lama ini.

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana -Dok: CDN

Bayu mengatakan, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran selaku pengelola memang sengaja hanya membuka layanan pemesanan kamar homestay dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram maupun whatsap. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pemesanan oleh wisatawan luar daerah.

“Kita hanya menerima pesanan via WA. Sementara untuk pemesanan via aplikasi online seperti Traveloka masih kita tutup, untuk menjaga agar tidak ada tamu dari luar daerah. Ini sebagai langkah antisipasi sekaligus pencegahan agar tidak ada penyebaran Covid-19,” katanya.

Naiknya tren penyewaan homestay di Kampung Homestay Damandiri selama masa libur lebaran ini, tentu menjadi berkah tersendiri bagi warga DCML Samiran. Pasalnya, selama setahun terakhir, mereka mengaku sangat kesulitan karena terdampak pandemi Covid-19.

“Momen libur lebaran kali ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat DCML Samiran, yang selama ini terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat bisa kembali mendapatkan pemasukan dari sektor pariwisata,” katanya.

Untuk diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Samiran Selo Boyolali Jawa Tengah sebagai desa binaan sejak 2017. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri aktif melakukan berbagai pemberdayaan di sektor pariwisata.

Salah satunya, dengan membangun dan merenovasi rumah-rumah warga menjadi homestay. Lewat Kampung Homestay Damandiri inilah diharapkan masyarakat sekitar bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari sektor pariwisata, yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Lihat juga...