Lebaran, Omset Warung Cerdas Wanareja Naik 100 Persen

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

CILACAP — Momen lebaran menjadi berkah tersendiri bagi Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap. Dimana omset penjualan naik hingga 100 persen untuk hampir semua jenis barang kebutuhan pokok.

Pengelola Warung Cerdas Wanareja, Sudaryanto di kantornya, Rabu (19/5/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Pengelola Warung Cerdas Wanareja, Sudaryanto mengatakan, pada malam menjelang lebaran, dalam satu hari omset warung cerdas menembus Rp90 juta lebih. Kenaikan omset penjualan tersebut terjadi sejak satu minggu sebelum lebaran.

“Seminggu sebelum lebaran, sudah mulai terjadi kenaikan omset penjualan di warung cerdas, kisarannya dalam satu hari mencapai Rp35 juta hingga Rp40 juta dan puncaknya pada malam lebaran, omset penjualan sampai Rp90 juta lebih,” jelasnya, Rabu (19/5/2021).

Menurut Sudaryanto, seminggu menjelang lebaran, banyak masyarakat yang berbelanja untuk kebutuhan lebaran, mulai dari kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, hingga aneka jenis kue kering, seperti biskuit, wafer dan lain-lain. Selain itu, juga ada yang berbelanja untuk kebutuhan memberikan bingkisan lebaran, baik kepada kerabat ataupun kolega bisnis.

Kondisi kenaikan omset tersebut bertahan hingga satu minggu pasca lebaran. Sampai dengan kemarin, Selasa (18/5/2021), omset penjualan di warung cerdas masih bertahan pada kisaran Rp35 juta hingga Rp40 juta.

Masih bertahannya omset penjualan di warung cerdas ini, diperkirakan karena masyarakat masih menyimpan cukup uang pasca lebaran. Sehingga aturan larangan mudik, tampaknya tidak begitu berpengaruh terhadap warung cerdas.

“Mungkin kalau tidak ada larangan mudik, omset penjualan bisa lebih tinggi. Tetapi kita sudah bersyukur, bahwasannya di tengah adanya larangan mudik lebaran, omset penjualan warung cerdas bisa tetap mengalami kenaikan,” tuturnya.

Sudaryanto berharap, kondisi tersebut bisa bertahan untuk seterusnya, mengingat selama beberapa bulan terakhir omset penjualan warung cerdas sempat mengalami penurunan.

Sementara itu, salah satu pelanggan Warung Cerdas Wanareja, Rina mengatakan, ia memilih berbelanja di warung cerdas karena lokasinya yang tidak jauh dan stok barang-barangnya juga lengkap. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup bersaing, bahkan untuk beberapa jenis barang kebutuhan yang disuplai oleh warga sekitar, harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan ditempat lain.

“Belanja kebutuhan lebaran kemarin di warung cerdas semua, karena dekat, lengkap dan harganya juga murah. Pelayanannya juga sangat bagus dan ramah, sehingga selain menghemat biaya transport jika harus ke kota, kita juga menghemat waktu, karena menjelang lebaran banyak yang harus dikerjakan di rumah, seperti memasak, membuat kue dan lain-lain,” ucapnya.

Lihat juga...