Lebaran CDN

Lezatnya Jantung Pisang Kuah Santan Khas NTT

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Jantung pisang sejak lama dijadikan sayur oleh masyarakat di Pulau Flores maupun warga lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain mudah diperoleh dan harganya murah, pohon pisang juga banyak terdapat di wilayah ini.

“Selain dicampur dengan daun pepaya, bunga pepaya, daun singkong dan kelor untuk dijadikan sayur rumpu rampe, jantung pisang juga enak dimasak kuah santan,” kata Maria W.Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (1/5/2021).

Maria menjelaskan, untuk membuat kuah santan jantung pisang, bahan-bahan yang dibutuhkan yakni satu buah jantung pisang dari pisang kepok yang banyak dijual di pasar tradisional di Kota Maumere, dengan harga Rp5.000 per buah.

Warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria W. Parera, saat  ditemui di rumahnya, Sabtu (1/5/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Selain itu, siapkan sebuah kelapa tua, dikupas lalu diparut menggunakan parutan tangan atau bisa juga membeli kelapa yang sudah diparut menggunakan mesin, tapi harus kelapa yang sudah kering.

“Bumbu-bumbunya yakni bawang putih, bawang merah, cabai besar serta cabai keriting secukupunya. Siapkan juga kemangi, penyedap rasa sesuai selera serta garam secukupnya,” ungkapnya.

Untuk membuatnya, kata Maria, pertama-tama iris jantung pisang berukuran kecil dengan membuang beberapa helai daun pembungkus di bagian luarnya yang sudah mengeras.

Setelah itu, rebus irisan jantung pisang hingga lembek lalu angkat dan tiriskan airnya. Sesudahnya, tumis bawang merah, bawang putih, cabai keriting dan cabai besar hingga harum.

“Masukkan santan kelapa ke dalam bumbu yang ditumis, dan biarkan sampai santan tersebut mendidih. Setelah itu, masukkan irisan jantung pisang dan aduk hingga merata,” jelasnya.

Sudah itu, sambung Maria, biarkan beberapa saat lalu masukkan penyedap rasa dan garam sambil diaduk hingga merata, lalu cicipi. Bila semua bumbu dan santan meresap serta jantung pisangnya sudah matang, angkat dan hidangkan.

Inasensia Dua Henga, warga Maumere lainnya yang ditemui di Pasar Alok, mengatakan, sayur jantung pisang biasanya sering dimasak kuah santan dan dijadikan campuran sayu rumpu rampe.

Inasensia menyebutkan, sayur ini rasanya agak sepat apabila tidak dimasak dengan benar, sehingga harus dipastikan agar jantung pisang yang dimasak benar-benar matang.

“Harus dipilih helai daun jantung pisang yang masih muda, agar rasanya jangan sepat. Paling enak dimasak kuah santan yang dimasak hingga lembek dan santannya harus kental,” ungkapnya.

Lihat juga...