Lezatnya Sayur Pepaya Ikan Asap ala Bumbu Mangut

Editor: Maha Deva

Sayur pepaya ikan asap ala bumbu mangut, menawarkan cita rasa yang khas, pedas manis dengan aroma ikan asap yang menggugah selera, Sabtu (29/5/2021). Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Pepaya, tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai buah segar. Bisa juga diolah menjadi masakan, salah satunya sayur pepaya bumbu mangut. Menu tersebut menggunakan pepaya muda dan ikan asap sebagai bahan baku. Perpaduan keduanya menghasilkan cita rasa nan lezat.

“Selain labu siam atau jipang, pepaya muda juga bisa diolah menjadi masakan bumbu mangut. Tekstur daging pepaya muda yang sedikit liat, justru menjadi kombinasi yang pas dalam kuah santan mangut yang pedas,” papar penggemar masakan mangut, Vita Vebrianti, saat ditemui di rumahnya, di Semarang, Sabtu (29/5/2021).

Penggemar masakan mangut, Vita Vebrianti, saat ditemui di rumahnya, di Semarang, Sabtu (29/5/2021). Foto Arixc Ardana

Cara pembuatan sayur pepaya ikan asap relatif mudah. Bahan baku yang dipakai berupa pepaya muda. “Ambil pepaya mudah, kupas kulitnya. Kemudian dicacah memanjang, seperti mengiris labu siam. Jika mau yang praktis, beli jadi juga ada, berupa pepaya muda yang sudah diiris tipis-tipis,” terangnya.

Vita menuturkan, karena akan dimasak ala mangut, bumbu yang diperlukan berupa bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, daun salam, terasi, santan, gula pasir dan penyedap rasa. “Iris tipis-tipis bawang merah, putih dan cabai,. Tumis ketiganya, hingga harum, masukkan juga daun salam, lengkuas digeprek dan terasi. Jika sudah, masukkan potongan sayur pepaya muda. Kemudian masukkan air santan, aduk hingga merata,” terangnya.

Jika sudah mendidih, tambahkan ikan asap, irisan tahu pong, penyedap rasa, dan sedikit gula pasir. “Cek rasa, jika sayur pepaya sudah empuk, tandasnya masakkan tersebut sudah matang,” tandasnya.

Lihat juga...