Lotek, Nikmatnya Sayuran Rebus Berbalur Bumbu Kacang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Siapa yang tidak tahu lotek, kuliner khas bumi pasundan yang terdiri dari aneka sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, kol, labu siam, tauge dan disiram dengan bumbu kacang ini merupakan salah satu sajian kuliner yang populer di Indonesia.

“Kalau di Bandung tidak susah menemukan lotek, yang jualannya banyak. Hampir di semua pusat keramaian seperti pasar atau alun-alun ada  pedagangnya,” kata Bu Iting, salah seorang pedagang lotek, di Banjaran, Kabupaten Bandung, Sabtu (29/5/2021).

Selain nikmat, lotek juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Menurut Iting, satu porsi lotek memiliki kandungan sebanyak 31 persen karbohidrat, lemak 48 persen dan protein 21 persen.

“Sayuran hijau yang segar-segar itu dapat dimanfaatkan untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita penyakit kurang darah,” ungkap Iting.

Di samping itu, sayuran hijau berfungsi sebagai antioksidan dimana sangat bermanfaat mencegah penuaan dan kanker.

“Sedangkan kacang tanah yang terdapat dalam lotek itu bermanfaat untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko jantung,” jelas pemilik warung Lotek Mahmud tersebut.

Bagi anda yang ingin membuatnya sendiri, pengolahan lotek terbilang mudah. Maya, salah seorang pelayan di warung lotek Mahmud menjelaskan, bahwa pertama, perlu disiapkan sayur-sayuran yang bahan utamanya sudah disebutkan di atas.

Maya sedang membuat pesanan lotek di warung Lotek Mahmud yang berlokasi di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/5/2021) – Foto: Amar Faizal Haidar

“Siapkan juga bumbunya seperti kacang tanah goreng, daun jeruk, gula merah, kencur, garam, air asam jawa. Setelah bahan dan bumbu siap, maka rebus bayam dan kacang panjang, rendam asam jawa dengan air hangat lalu larutkan bumbu dengan air asam jawa,” paparnya.

Lebih lanjut, haluskan bumbu. Setelah halus masukkan kacang goreng. Ulek sampai halus, masukkan gula jawa. Ulek kembali sampai tercampur kemudian tes rasa.

“Nah tinggal masukkan sayuran yang sudah direbus. Tambahkan kol, tomat, dan timun lalu aduk rata,” pungkas Maya.

Lihat juga...