Malaysia Batasi Operasi Perniagaan Hingga Pukul 20.00 Malam

Menteri Senior Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, dalam acara jumpa pers di Putrajaya, Sabtu (22/5/2021) – Foto Ant

KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia, membatasi waktu operasi perniagaan, mulai dari pukul 08.00 hingga 20.00 malam. Hal itu berdasarkan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) 3.0, yang diberlakukan saat ini.

“Operasi perniagaan di seluruh negara (provinsi) dibatasi dari jam delapan pagi hingga delapan malam saja mulai 25 Mei,” ujar Menteri Senior Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, dalam acara jumpa pers bersama Dirjen Kementerian Kesehatan, Dr Noor Hisham Abdullah, di Putrajaya, Sabtu (22/5/2021).

Dua strategi untuk mengurangi pergerakan warga adalah mengurangi pekerja di kantor, serta membatasi waktu operasi sektor ekonomi. Ismail Sabri mengatakan, gerakan bekerja dari rumah 80 persen melibatkan sektor umum dan 40 melibatkan sektor swasta. “Untuk memastikan pergerakan dapat dikurangi, 80 persen pegawai pemerintah akan bekerja dari rumah, yang melibatkan sebanyak hampir 750.000 orang,” jelasnya.

Selain itu, sektor swasta juga akan mengurangi jumlah pekerja yang hadir pada hari biasa menjadi hanya 60 persen, dimana 40 persen sisanya akan bekerja dari rumah. Pelaksanaan aturan tersebut melibatkan sebanyak hampir 6.1 juta pekerja di sektor swasta. “Operasi kedai makan dari delapan pagi hingga delapan malam saja. Shopping mall juga dibatasi hingga delapan malam saja. Setelah jam delapan malam, kita tidak perlu keluar rumah karena hampir semua operasi perniagaan hingga delapan malam saja,” tandasnya.

Lihat juga...