Mampat, Air Sungai CBL Belum Bisa Aliri Sawah di Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Harapan agar sawah petani di wilayah utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendapatkan aliran air melalui pintu utama Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) di Desa Sukajaya, Cibitung, sepertinya sia-sia.

Meski berbagai upaya telah dilakukan seperti membersihkan tumpukan sampah dengan menggunakan alat berat, di pintu air CBL dan membuat bendungan secara manual, tapi air tetap tidak maksimal mengaliri kanal kali Cikarang Hilir.

Hal tersebut akibat saluran air melalui jembatan tepat di bawah jalan raya desa Sukajaya tersebut sudah menyempit sehingga perlu pembongkaran untuk membuka sumbatan pintu air tersebut.

“Kondisi terkini, air masih belum bisa masuk ke arah lahan sawah milik petani di empat kecamatan Utara Bekasi. Itu karena saluran air di bawah jembatan mampet,” ungkap Hadi, UPTD Kebersihan Area Sungai bentukan DLH Kabupaten Bekasi, kepada Cendana News, Senin (3/5/2021).

Dikatakan Hadi, bahwa upaya petani dan Dinas UPTD 3 LH Kabupaten Bekasi, sudah maksimal membersihkan sampah, mendorong pintu air dengan arus air menggunakan alat berat dengan harapan untuk membuka kepadatan material yang menutupi pintu air menuju Kali Cikarang Hilir yang berada di bawah jembatan.

Menurut dia, kondisinya sudah kronis perlu penanganan serius jika ingin memperlancar aliran air di wilayah utara Kabupaten Bekasi guna mengaliri sawah petani. Karena upaya sudah maksimal tapi air masih belum mengalir.

“Hari ini, petani pun terlihat tidak ada lagi yang turun di pintu air Sukajaya Cibitung untuk bergotong royong membuat bendungan seperti sebelumnya. Mengetahui kondisi itu petani terlihat pasrah seakan menunggu keajaiban saja,” ungkap Hadi.

Solusinya lanjut Hadi, pembongkaran di bawah jembatan soalnya sudah dipenuhi material padat yang tidak bisa diurai manual untuk mendorong air dan lainnya.

Melihat kondisi itu, Dedi Kurniawan, pegiat lingkungan Kabupaten Bekasi, mengaku prihatin. Ia pun mendesak pemerintah daerah mengambil tindakan cepat dalam membantu petani terhindar dari kekeringan.

Lihat juga...