Mamuju Digelontor Bantuan BNPB Rp209 Miliar

Bupati Mamujum Sitti Sutinah Suhardi, menyerahkan bantuan dana tunggu hunian kepada  sejumlah perwakilan kepala keluarga korban gempa yang ada di Desa Botteng Kecamatan Simboro Kepulauan Kabupaten Mamuju, (14/05/2021) – Foto Dok Ant

MAMUJU – Bupati Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Sutinah Suhardi, menerima bantuan dana siap pakai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk merehabilitasi rumah rusak korban gempa senilai Rp209 miliar.

Bupati Sutinah Suhardi mengatakan, bantuan dana siap pakai tersebut, akan digunakan melakukan pembangunan rumah korban gempa Mamuju pada tahap pertama. Jumlah rumah rusak, yang akan diberikan bantuan dana siap pakai itu terdiri dari, 1.501 rumah rusak berat, 3.487 rumah rusak sedang dan 4.731 rusak ringan.

Menurutnya, pemerintah pusat telah memberikan bantuan kepada korban gempa di Mamuju, sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan di Mamuju. Ia berharap, bantuan ini dapat tersalur tepat sasaran, dan masyarakat yang menjadi korban gempa dapat terbantu dan bantuan dapat bermanfaat.

Sekretaris BPBD Kabupaten Mamuju, Taslim Sukirno mengatakan, dana untuk tahap pertama akan segera disalurkan kepada warga yang rumahnya dirusak gempa. “Segera dibentuk tim pendamping dan tim teknis pemerintah lainnya, disamping melibatkan unsur TNI Polri, para Lurah hingga kepala desa dalam penyalurannya,” katanya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo melanda wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene Provinsi Sulbar pada 15 Januari 2021. Gempa tersebut mengakibatkan Jumlah korban jiwa mencapai 96 orang dan mengakibatkan luka berat 209 orang dan luka ringan 9.310 orang. Selain itu, gempa juga mengakibatkan 101 kantor pemerintah rusak, 169 sarana sekolah rusak, serta merusak sarana ibadah sebanyak 47 masjid, 39 gereja dan 23 kantor layanan kesehatan. (Ant)

Lihat juga...