Memancing di Sungai, Alternatif Rekreasi Warga Jember

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER  – Cara warga Jember menyalurkan hobi memancing ternyata sangat mudah. Memanfaatkan aliran air Sungai Bedadung, misalnya, terbukti hasil pancingan yang didapatkan cukup menjanjikan.

Soleh, warga Brantas, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, mengatakan, saat libur hari kerja dirinya seringkali menghabiskan waktu dengan aktivitas memancing. Jarak yang dituju sangat dekat dan tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

“Beruntung sekali area Sungai Bedadung bisa dijadikan tempat rekreasi. Apalagi ikan yang tersedia sangat banyak dan bermacam-macam jenisnya,” ujar Soleh kepada Cendana News, di area Sungai Bedadung, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (23/5/2021).

Soleh menambahkan, jenis ikan yang ada di aliran Sungai Bedadung seperti ikan lele, ikan mas, nila, wader, ikan patin, ikan gabus, dan ikan pembersih kaca. Seringkali hasil ikan yang didapatkan yakni ikan lele.

Memanfaatkan aliran sungai untuk memancing, Soleh menyebutkan, betah untuk berlama-lama. Kawasan itu memang menjadi  spot untuk dirinya bersantai sembari menunggu ada ikan yang tertangkap. Ia juga suka memilih area yang sangat rimbun dan sejuk. Soleh pun senang, banyak tempat untuk dirinya berteduh di bawah pepohonan sepanjang aliran sungai tersebut.

“Kalau pas hari Minggu, biasanya saya sudah sejak pagi hari berada di sini. Karena pas pagi ikan dalam keadaan lapar. Jadi sejak tadi sudah ada beberapa ikan yang berhasil saya pancing,” ucapnya.

Bagi sebagian orang, apabila sudah melakukan aktivitas kesukaannya, tidak heran apabila menjadi terlalu fokus dengan apa yang dilakukan.

Soleh mengatakan, pada saat hari keberuntungannya banyak ikan yang berhasil dipancing, dirinya kerap kali tidak menyadari waktu yang dihabiskan ternyata sudah berjam-jam lamanya.

“Biasanya, saya baru bisa berhenti memancing kalau perut sudah terasa lapar. Selagi belum lapar, terus saja masih dilanjut. Biasanya, menjelang salat Zuhur saya baru berhenti dan pulang ke rumah,” katanya.

Nailul Rozikin, salah satu mahasiswa kampus Universitas Jember yang juga memiliki hobi memancing mengatakan, selama berada di Jember, dirinya tidak kesulitan untuk menyalurkan hobi. Sungai Bedadung menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menyalurkan hobi yang dimiliki.

Nailul Rozikin, saat ditemui Cendana News di sela aktivitas kesibukannya memancing di area Sungai Bedadung, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (23/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Seringkali kalau pas hari Minggu tidak ada kegiatan kampus, saya memanfaatkan untuk memancing di sini. Tempatnya dekat kampus, tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Sungainya juga tidak begitu dalam, dan yang paling penting, ikan yang tersedia banyak,” ucapnya.

Lihat juga...