Menarik, Pemanfaatan Flipgrid sebagai Media Pembelajaran Siswa

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Pemanfaatan teknologi digital dalam penyampaian pembelajaran, dapat menjadi daya tarik bagi siswa, sekaligus relatif mempermudah tugas guru sebagai tenaga pendidik. Salah satunya, penggunaan platform Flipgrid yang dapat dirancang untuk sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

“Flipgrid merupakan aplikasi atau platform video diskusi,  yang dapat membantu guru atau pendidik, untuk melihat dan mendengar dari siswa yang ada di kelas. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendorong lingkungan pembelajaran yang positif,” papar guru SMPN 2 Blora, Gartatik Sukahar, yang hadir sebagai pembicara dalam Pelatihan Membuat Media Pembelajaran dan Portofolio Siswa Berbasis Flipgrid, yang digelar SLCC PGRI Jateng, secara daring di Semarang, Kamis (27/5/2021).

Lebih jauh, wanita merupakan Master Trainer Microsoft Certified Educator tersebut, menjelaskan dengan Flipgrid, pembelajaran akan menyenangkan sebab siswa menjadi kreatif untuk mengembangkan tugas yang diberikan oleh guru.

“Imbasnya, siswa  akan lebih mudah mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Misalnya dalam cara berkomunikasi atau menyampaikan yang menjadi pemikiran dan gagasan mereka. Ini juga dapat mengasah mental siswa, sehingga mereka tidak malu saat menyampaikan pendapat,” lanjutnya.

Dalam penerapannya, guru bisa menugaskan siswa untuk membuat sebuah tugas atau pekerjaan rumah (PR) dengan menggunakan Flipgrid.

“Misalnya, siswa diberi tugas membaca buku atau artikel dan diminta mengulasnya dari sudut pandang siswa. Penyampaian resume atau pendapat ini, disampaikan  dalam bentuk video dengan Flipgrid. Hasilnya, siswa bisa langsung mempraktikkan kemampuan mereka dalam berbahasa, melatih kepercayaan diri siswa, hingga mengasah kreativitas mereka,” lanjut Tatik.

Ditandaskan, secara umum platform tersebut bisa digunakan secara gratis dengan mengunjungi laman penyedia dan melakukan pendaftaran. “Jika sudah, tinggal ikuti saja alur dan petunjuk pembuatan video, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, sekaligus portofolio siswa,” tambahnya.

Sementara pembicara lainnya, Dr. Achmad Buchori dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), menuturkan seiring dengan perkembangan teknologi digital, para guru atau pendidik dapat memanfaatkan beragam aplikasi atau platform sebagai media pembelajaran untuk siswa.

“Termasuk penggunaan Flipgrid ini, karena secara umum lebih mudah. Tidak perlu membuat aplikasi sendiri, sudah ada tersedia, tinggal kita gunakan sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Dipaparkan, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi digital tersebut penting, dalam mempermudah penyampaian pembelajaran hingga evaluasi hasil. Terlebih di masa pandemi Covid-19, pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh (PJJ).

“Inovasi dan kreativitas pembelajaran diperlukan dalam menyiasati kondisi pandemi Covid-19, sehingga harapannya, pembelajaran yang kita sampaikan sebagai guru atau tenaga pendidik bisa diterima dengan baik oleh siswa, dipahami dan dimengerti,” pungkasnya.

Lihat juga...