Menikmati Indahnya Pasir Putih Pantai Legundi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Menikmati senja dengan angin semilir di pantai Legundi bisa jadi alternatif menikmati hari libur.

Margianto, salah satu wisatawan asal Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang menyebut pantai Legundi berada tak jauh dari Jalan Lintas Timur Sumatera. Memiliki pasir putih lokasi tersebut berada di Dusun Sukabandar.

Memiliki ombak yang tenang, sebagian pantai merupakan kawasan yang dikelola oleh masyarakat. Saat hari libur pantai tersebut menjadi pilihan warga untuk rekreasi keluarga.

Mengajak serta kerabat, pantai yang menghadap timur menurutnya lebih teduh kala sore. Berbeda kala pagi hingga siang yang panas ia berwisata ke pantai tersebut saat pantai teduh.

Atraksi alam yang bisa dinikmati sebut Margianto saat ombak tenang ia bisa mengajak anak berenang. Kondisi perairan yang menjadi pertemuan arus utara dan selatan menciptakan pasir timbul.

Kontur pasir timbul tersebut menjadi akses jalan menuju ke pulau Suling berjarak puluhan meter. Tanpa memakai perahu ia bisa menyusuri pasir timbul dan menikmati keindahan pulau Suling.

“Uniknya rekreasi di pantai Legundi ombaknya tenang dan perairannya dangkal sehingga aman untuk anak-anak bermain air sekaligus bisa mencari kerang hijau dan kerang bulu pada perairan dangkal sembari membawa pelampung ban,” terang Margianto saat ditemui Cendana News, Minggu (30/5/2021).

Margianto bilang selain menikmati suasana di perairan dangkal, ia dan kerabatnya bisa melakukan bancakan. Sejumlah saung dengan atap dari asbes, teduhnya pohon kelapa dan ketapang bisa jadi tempat menghamparkan tikar.

Bancakan atau makan bersama bekal yang dibawa di rumah semakin lengkap dengan bakar ikan, memasak kerang hijau yang segar.

Sensasi menikmati pantai Legundi menurut Margianto bisa juga sambil melihat kesibukan warga. Memadukan wisata bahari dan tetap menjalankan ekonomi dengan budidaya kerang hijau jadi atraksi menarik.

Sebagian pengunjung sebutnya masih bisa mencari kerang hijau, kerang bulu. Selain itu area pantai yang luas bisa menjadi tempat bermain bola dan istana pasir anak-anak.

“Suasana pantai yang asri dengan keteduhan pohon saat sore jadi pilihan bagi kami untuk berwisata,” ulasnya.

Ningsih, warga Sripendowo yang mengajak keluarganya menyebut pantai tersebut gratis. Aktivitas wisatawan yang membayar parkir diterapkan saat kegiatan libur panjang.

Ningsih, salah satu pengunjung pantai Sukabandar, Desa Legundi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Minggu (30/5/2021) – Foto: Henk Widi

Ia menyebut anak-anak menyukai bermain di pantai Legundi karena memiliki bentangan pasir yang luas. Meski sebagian pantai berlumpur namun saat senja ketika surut pantai lebih jernih.

Selain berwisata di tepi hamparan pasir, ia menyebut anak-anak bisa bermain perahu. Perahu yang digunakan sebutnya kerap digunakan untuk menyusuri pantai.

Menyusuri pantai bersama dengan pemilik budidaya kerang hijau bisa dilakukan saat proses panen. Usai pemanenan ia bisa membantu proses penyortiran dan perebusan. Perebusan dilakukan untuk mendapatkan daging kupas.

“Anak-anak yang diajak rekreasi di pantai Legundi bisa melihat dari dekat proses pemanenan kerang hijau sehingga menjadi kegiatan edukatif,” bebernya.

Nurdiah, salah satu warga menyebut rekreasi di pantai Legundi mendapat keuntungan ganda. Ia bisa menyenangkan anggota keluarga terutama anak-anak saat libur.

Membantu proses pengupasan kerang hijau ia juga bisa mendapatkan hasil untuk diolah menjadi kuliner di rumah.

Suasana pantai yang berombak tenang juga memungkinkan anak-anak berenang aman dengan tetap diawasi orangtua.

Lihat juga...