Menikmati ‘Sunrise’ di Tengah Kebun Teh Cukul Pangalengan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Menikmati pesona matahari terbit (sunrise) di tengah hamparan perkebunan teh, tidak kalah indahnya dengan memandang sunrise  dari tepian pantai. Anda bisa menikmati itu di wisata perkebunan teh Cikul, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Indah banget. Jadi dari sunrise point cikul ini kita kayak ngerasa hadap-hadapan dengan matahari. Tidak kalah dengan pantai,” ujar Ihsan, salah seorang pengunjung, Minggu (30/5/2021) di lokasi wisata tersebut.

Meski demikian, untuk bisa menikmati pesona sunrise dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, wisatawan sebaiknya bermalam di lokasi perkebunan cikul tersebut.

“Di sini bisa mendirikan tenda, ada spotnya khusus. Kita bisa bawa atau menyewa tenda dari warga sekitar sini, tarifnya macam-macam, tergantung ukuran, yang paling kecil Rp20.000. Kalau tiket masuknya cuma Rp10.000 per orang,” ungkap Ihsan.

Ihsan (tengah), salah seorang pengunjung bersama rekannya berpose di salah satu spot instagramable di perkebunan teh cikul, Pangalengan, Bandung, Minggu (30/5/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

Menurut Ihsan, ketika matahari terbit, pengunjung bisa mengambil foto dari berbagai angle, termasuk spot selfie yang sudah disediakan.

“Sebelum matahari terbit, fotografer biasanya membidik pemandangan Galaksi Bima Sakti (Milky Way) di langit di sekitar tempat wisata. Kalau cuaca cerah, langit di sekitar cukul menyajikan hamparan bintang. Gemerlapnya bisa disaksikan dengan jelas karena minim cahaya di daratan,” tandas Ihsan.

Sementara itu, Yayan, pengunjung lainnya mengaku sangat ketagihan berwisata ke sana. Bahkan ia menyebut, sudah lebih dari 10 kali datang ke perkebunan teh cikul.

“Biasanya saya berangkat dari Kota Bandung jam 03.00 WIB dengan mengendarai sepeda motor. Karena hobi fotografi, jadi tujuan utama saya ya berburu foto. Banyak angle yang bisa diambil,” tukas Yayan.

Ia pun mengaku, berlibur ke perkebunan teh cukul dapat membuat pikiran menjadi tenang. Suasana yang damai, cuaca yang sejuk, sangat cocok menyegarkan pikiran yang sudah penat oleh beragam aktivitas di kota.

“Ini lokasinya terekomendasi banget. Silakan dikunjungi, terutama bagi yang suka fotografi, dijamin nggak menyesal,” pungkas Yayan.

Lihat juga...