MUI Siapkan Pembangunan RS Indonesia di Hebron

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) beriniasitif memberikan bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Hebron, Palestina.

Untuk mewujudkan pembangunan RS tersebut, MUI mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat Indonesia, termasuk kalangan filantropi dan tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah para ulama, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat termasuk kalangan filantrofi banyak mendukung membantu menghimpun dana untuk membangun RS di kota Hebron, sebagai bentuk bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abas, pada konferensi pers di gedung MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan dan Ustaz Adi Hidayat menyerahkan bantuan dana sebesar 1 juta dolar US kepada Dubes Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun, pada konferensi pers di kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5/2021). Foto: Sri Sugiarti.

Seperti hari ini, kata dia, Ustaz Adi Hidayat melalui Ma’had Islam Rafiatul Akhyar (MIRA) menghimpun donasi dari rakyat Indonesia untuk bangsa Palestina sebesar Rp 30,8 miliar. Dimana sekitar Rp 14 miliar atau 1 juta dolar US di antaranya disalurkan MUI untuk Palestina, yang kemudian akan diteruskan kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga telah menyerahkan bantuan senilai Rp 480 juta kepada MUI Pusat untuk pembangunan rumah sakit Indonesia Hebron.

“Penggalangan dana untuk pembangunan RS Indonesia di Hebron ini menggambarkan wujud ukhuwah islamiah. Karena meskipun kondisi ekonomi umat sedang terpukul di dampak Covid-19, tapi semangat membantu sesama muslim tetap tinggi, saling menguatkan,” imbuhnya.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, KH Muhyiddin Junaidi mengatakan, pembangunan RS Indonesia di Hebron merupakan program serius MUI setelah ada MoU antara MUI dengan Walikota Hebron, Tayser Abu Sneineh.

Di mana pihak MUI sepakat menyediakan dana pembangunannya sebesar Rp100 miliar, dan pihak Wali Kota Hebron menyediakan lahannya seluas 4.000 m2.

Target pembangunan rumah RS tersebut dapat selesai pada akhir 2022. Sehingga dia berharap dana yang terkumpul ini jumlahnya bertambah berlipat ganda.

Dikatakan dia, satu RS Indonesia telah dibangun di Gaza. Dalam penghimpunan dana ini MUI bersama semua komponen masyarakat akan membangun satu lagi RS Indonesia di Hebron, yaitu di Tepi Barat.

MUI sebagai payung dari seluruh ormas dan yayasan Islam membuka pintu selebar-lebarnya dan ingin menjadi juru bicara umat Islam bagi perdamaian di Palestina dan di dunia Islam lainnya.

“Insyaallah niat baik ini mendorong Indonesia jadi lebih semangat membangun RS Indonesia di Hebron tepatnya di Tepi Barat, Palestina,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ustaz Adi Hidayat menambahkan, pihaknya memberikan dana yang dihimpun dari rakyat Indonesia kepada MUI secara simbolis. Sebelumnya pihaknya juga sudah menyalurkan dana sebesar 715 ribu Dolar AS atau Rp 10 miliar ke Gaza untuk membantu memenuhi kebutuhan darurat dan mendesak setelah agresi militer.

“Hari ini, kami serahkan melalui MUI sebesar 1 juta dolar US atau Rp 14 miliar, yang akan  diteruskan kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun,” pungkasnya.

Lihat juga...