Musim Kemarau, Waspadai Penyakit Belek pada Hewan Ternak

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Memasuki musim kemarau, para peternak hewan ruminansia dinilai perlu mewaspadai penyakit belek yang kerap menyerang hewan ternak  sapi, kambing maupun domba. 

Meski sebenarnya bisa datang kapan saja, penyakit yang menyerang organ mata hewan ternak ini berpotensi besar muncul di musim kemarau akibat banyak faktor. Mulai dari tingkat kelembapan udara, perbedaan suhu, hingga pengaruh angin, dan sebagainya.

Salah seorang peternak kambing sekaligus domba, di dusun Punden, Blambangan, Jogotirto, Brebah, Sleman, Bambang Priyono, menyebut salah satu antisipasi yang bisa dilakukan para peternak untuk mencegah serangan penyakit belek adalah menjaga kebersihan kandang.

Menurutnya, kebersihan kandang dinilai menjadi salah satu faktor paling berpengaruh, yang dapat memicu serangan penyakit belek pada hewan ternak, khususnya jenis ruminansia.

“Meski seolah sepele, penyakit belek jika dibiarkan akan dapat mengganggu pertumbuhan serta proses budi daya kambing atau domba. Sehingga, harus diantisipasi. Paling mudah, ya jaga kebersihan kandang. Jangan sampai sirkulasi udara di sekitar kandang terganggu,” katanya, kepada Cendana News, belum lama ini.

Selain rutin membersihkan kotoran ternak, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar sirkulasi udara adalah dengan mendesain kandang. Kandang berbentuk panggung dinilai merupakan desain kandang yang paling bagus untuk memelihara ternak kambing maupun domba.

“Kandang dengan desain panggung, sangat baik karena dapat memperlancar sirkulasi udara di sekitar kandang. Apalagi, jika dinding dan lantainya dibuat banyak berongga. Desain ini juga akan memudahkan peternak saat membersihkan kotoran,” katanya.

Namun jika sudah ada, salah satu ternak yang terkena serangan penyakit belek, maka peternak harus segera melakukan penanganan. Selain memisahkan atau mengisolasi ternak tersebut dari ternak yang lain, pengobatan juga wajib segera dilakukan.

“Jika peternak memakai sistem kandang koloni, maka kambing atau domba yang terkena penyakit belek harus segera dipisahkan dari yang lain agar tidak menular. Setelah itu, berikan obat yang sesuai. Bisa memanfaatkan obat belek khusus ternak yang banyak dijual di pasaran. Biasanya dalam waktu beberapa hari, penyakit belek akan hilang,” ungkapnya.

Lihat juga...