Omset Toko Pertanian Warung Kita DCML Pesantunan Capai Rp40 Juta per Bulan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BREBES — Selain lewat unit usaha simpan pinjam Modal Kita, Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan, Wanasari, Brebes Jawa Tengah, selama ini diketahui juga aktif melakukan upaya pemberdayaan di sektor ekonomi melalui unit usaha Warung Kita.

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

Tak seperti Warung Kita di sejumlah DCML lainnya yang menjual berbagai kebutuhan bagi UMKM, unit usaha Warung Kita di DCML Pesantunan ini lebih fokus pada usaha perdagangan di sektor pertanian. Hal ini dilakukan mengingat sampai saat ini mayoritas penduduk di DCML Pesantunan berprofesi sebagai petani.

“Unit usaha Warung Kita di Pesantunan ini berupa toko pertanian yang menjual berbagai produk saprotan (sarana prasarana pertanian). Mulai dari pupuk, benih, pestisida, hingga berbagai alat pertanian lainnya,” ungkap Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Slamet mengatakan, pengurus Koperasi lebih memilih membuka toko pertanian karena toko pertanian dinilai lebih dibutuhkan masyarakat dibandingkan toko retail yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Terlebih di kawasan DCML Pesantunan, sampai saat ini juga belum banyak terdapat toko pertanian yang bisa menyuplai berbagai macam kebutuhan bagi petani.

“Dari survei yang kita lalukan, mayoritas penduduk di Pesantunan ini berprofesi sebagai petani. Sehingga kita cenderung untuk membuka toko pertanian. Selain itu kita khawatir jika kita membuka toko retail, justru akan mematikan toko atau warung-warung kecil milik warga desa yang sudah ada sebelumnya,” ungkapnya.

Mulai berjalan sejak Maret 2020 lalu, unit usaha Warung Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, sepenuhnya disuport oleh Yayasan Damandiri. Yayasan yang didirikan Presiden ke-2, HM Soeharto tercatat menggelontorkan dana bantuan mencapai Rp250 juta kepada Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan untuk membangun unit usaha Warung Kita ini.

Meski belum lama berjalan, unit usaha Warung Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan ini mampu berkembang pesat. Omset penjualan alat maupun berbagai kebutuhan pertanian di warung ini terus-menerus meningkat. Mulai dari semula Rp5 juta per bulan, Rp10 juta per bulan, hingga saat ini mencapai Rp40 juta per bulan.

“Meski belum lama berjalan Omset Warung Kita saat ini sudah mencapai Rp40 juta per bulan. Kita bahkan sudah menjadi salah satu toko pertanian terbesar di desa Pesantunan. Ini artinya masyarakat benar-benar mendapatkan dan merasakan manfaat dari keberadaan unit usaha Warung Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Yayasan Damandiri menetapkan desa Pesantunan Brebes, Jawa Tengah, sebagai desa binaan sejak 2018 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri, melakukan berbagai upaya pemberdayaan, baik itu di bidang pendidikan kesehatan lingkungan sosial maupun ekonomi.

Tak hanya menggelontorkan dana bantuan mencapai milyaran rupiah, Yayasan Damandiri  juga mendirikan Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan yang berfungsi sebagai pelaksana program. Melalui unit unit usaha yang dijalankan, keberadaan Koperasi ini juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak berbagai kegiatan pemberdayaan yang ada.

Sehingga cita-cita besar Yayasan Damandiri dalam mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan maupun taraf hidup masyarakat Desa Pesantunan dapat tercapai.

Lihat juga...