Pandemi, Titik Balik Wisata Daerah Menuju Destinasi Unggulan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Masa pandemi bukanlah masa dimana para pelaku usaha wisata harus diam dan pasrah. Tapi momen ini harus menjadi titik balik dalam melakukan persiapan dan promosi wisata untuk menuju destinasi unggulan yang aman bagi wisatawan nusantara untuk saat ini, dan mancanegara untuk jangka panjang.

Direktur Event Daerah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Drs. Reza Pahlevi, AP, MSi, menyatakan, walau pandemi memang mempengaruhi sektor pariwisata tapi para pelaku usaha tak boleh menyerah.

“Masa pandemi ini harus menjadi masa dimana semua operator mulai berpikir kreatif dan mempersiapkan semua infrastruktur di daerahnya. Mempersiapkan destinasi yang aman bagi wisatawan dengan berkolaborasi seluruh pihak,” kata Reza dalam acara mudik dan silaturahmi online yang diselenggarakan oleh Dispar Sumedang, diikuti Cendana News, Minggu (16/5/2021).

Terutama dalam membangun keunikan dari masing-masing daerah agar menarik hasrat pecinta wisata untuk datang berkunjung.

“Sudah menjadi tugas kita untuk menjadikan keunggulan dan keunikan daerah menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mau berkunjung,” katanya.

Caranya dengan mempelajari berbagai aspek. Baik dari destinasi, pemasaran, SDM dan industri serta ekonomi. Dan menjadikan semua aspek ini bersinergi  maju bersama.

Mengenali posisi daya saing, lanjutnya, dapat dilakukan dengan mengenali nilai dan diferensiasi produk dibandingkan dengan wilayah sekitar.

“Kita harus melihat wilayah samping, apa kesamaannya dan bagaimana kita menjadikan wilayah kita lebih menarik wisatawan,” ucapnya lagi.

Reza juga menegaskan para operator wisata dan pemda harus bisa memilah keunikan dan keunggulan daerahnya lalu memilih beberapa untuk ditonjolkan.

Lihat juga...