Pandemi, Warga Situbondo Memanfaatkan Alun-alun untuk Berlibur

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Masa pandemi tak menyurutkan semangat warga Situbondo mencari tempat untuk berlibur.

Bersama keluarga, Fatimah, memanfaatkan alun-alun Situbondo sebagai wahana wisata bermain. Fasilitas permainan yang tersedia diminati oleh masyarakat untuk menikmati hari libur di luar rumah.

Fatimah, warga setempat, mengatakan, sejak tersedianya fasilitas permainan untuk anak, dirinya tidak perlu lagi bepergian jauh di tengah pandemi Covid-19. Untuk mengajak keluarganya bersantai di luar rumah, cukup mencari lokasi terdekat. Kebetulan alun-alun yang ada, tidak jauh dari rumahnya dan sudah dapat dijadikan tempat bersantai bersama keluarga yang memadai.

“Sebagian besar alun-alun yang ada sekarang sudah terjadi banyak pembaruan, salah satunya tersedianya fasilitas permainan anak-anak. Tentunya sangat bermanfaat. Paling tidak saya bisa setiap saat mengajak keluarga berlibur. Cukup bersantai di sini,” ujar Fatimah kepada Cendana News, di alun-alun Situbondo, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Jember, Jawa Timur, Minggu (30/5/2021).

Pertama kali dirinya tiba, Fatimah mengatakan, anak bungsunya langsung menuju ke tempat bermain. Sedangkan dirinya hanya memantau aktivitas anaknya yang sedang sibuk dengan permainan.

“Selain bisa untuk bersantai dan adanya fasilitas permainan, banyak juga pedagang yang memenuhi area pujasera di pojok alun-alun. Cocok sekali untuk dijadikan tempat bersantai di hari libur seperti saat ini,” ucapnya.

Fatimah menambahkan, selama berjam-jam dirinya bersama keluarga bersantai, tidak menyadari bahwa sudah menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Di tengah asyiknya bersantai, ia mengaku tertarik untuk mencicipi makanan yang tersedia. Beberapa pedagang yang ada menurutnya bermacam macam, seperti pedagang nasi, pedagang aneka makanan ringan, aneka minuman dingin dan pedagang mainan.

“Karena cuacanya sekarang lagi panas, saya lebih memilih untuk membeli minuman yang dingin. Salah satu menu minuman dingin yang favorit di sini es oyen. Sangat pas di saat cuaca panas, kemudian bersantai sambil menikmati hidangan minuman dingin,” ujarnya.

Fatimah menyebutkan, sebelumnya, dirinya bersama keluarga, pada saat ingin berlibur  harus menuju wisata Pantai Pathek yang berada di sisi utara Kabupaten Situbondo. Karena menurutnya, tempat terdekat hanya tempat tersebut.

“Pada saat sudah tiba di Pantai Pathek, tempatnya juga nyaman, enak untuk menikmati suasana pantai. Hanya saja, saat dalam perjalanan tidak betah dengan panas matahari. Saya senang, sekarang di alun-alun sudah ada fasilitas bermain, maka tidak perlu jauh lagi bepergian liburan,” katanya.

Toni, pedagang minuman mengatakan, dirinya merasa beruntung dengan adanya fasilitas permainan anak. Omzet dagangannya mengalami kenaikan.

Toni, salah satu pedagang minuman yang ditemui di area alun-alun, di Kelurahan Dawuhan, Kabupaten Situbondo, Minggu (30/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Anak-anak mulai lebih ramai sejak ada tempat bermain. Karena sekarang siang dan panas,  jarang ada yang bermain. Tapi kalau pas malam hari, tempat permainan yang ada sering kali dipenuhi pengunjung. Namun karena fasilitasnya masih terbatas, setiap anak selalu bergantian,” ucapnya.

Lihat juga...