Panen Jagung Petani di Adonara Alami Peningkatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LARANTUKA – Musim tanam 2020/2021 panen jagung di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami peningkatan, akibat curah hujan yang mencukupi di akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021.

“Hasil panen jagung di Pulau Adonara tahun ini sangat menjanjikan,” kata  Ketua Kelompok Tani Lewowerang, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, NTT, Kamilus Tupen Jumat, saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

Ketua Kelompok Tani Lewowerang, Desa Honihama, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT, Kamilus Tupen Jumat saat ditemui di kebunnya, Minggu (16/5/2021). Foto: Ebed de Rosary

Kamilus menyebutkan, saat terjadi badai Seroja dan curah hujan lebat kondisi lahan jagung di Pulau Adonara rata-rata sudah memasuki masa panen sehingga tidak terpengaruh.

Dia menyebutkan, paling banyak dalam sehektare maksimal hasil produksinya sebanyak 5 ton dan rata-rata ditanam jagung lokal serta jagung hibrida jenis tertentu.

“Tahun ini hasil panen jagung lumayan bagus sehingga petani bisa bernapas lega. Permasalahannya pada penjualannya dengan harga yang layak,” harapnya.

Kamilus menambahkan, berdasarkan laporan dari para petani untuk tahun 2021 harga jual jagungnya Rp3 ribu per kilogram hingga Rp4 ribu per kilogram dan masih lumayan baik.

Dia sebutkan, para petani juga diminta agar menyediakan sisa benih untuk musim tanam di tahun depan mengingat saat ini petani juga sedang kesulitan dana, saat pandemi Covid-19.

“Kita berharap agar petani bisa menyediakan benih untuk musim tanam di tahun depan. Harga jual jagung di Kabupaten Flores Timur tahun ini masih lebih bagus dibandingkan dengan di luar NTT,” ujarnya.

Sementara itu, Donatus, salah seorang petani yang ditemui di Kecamatan Witihama mengakui, hasil panen jagung musim tanam 2020/2021 lebih bagus dibandingkan musim tanam di tahun sebelumnya.

Donatus mengatakan, lahan jagungnya seluas hampir satu hektare dengan hasil produksi mencapai 4 ton, dan dirinya menjual dengan harga Rp3.500 per kilogram.

“Saat ini pun kami sedang bersiap memanen kacang hijau, karena sebelum jagung dipanen, kami sudah menanam kacang hijau di bulan Februari. Rata-rata semua petani sudah siap panen kacang hijau,” ungkapnya.

Lihat juga...