Pelaku Perjalanan Reaktif Covid-19 Langsung Jalani Isolasi di Kalianda

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Sejumlah pelaku perjalanan asal Sumatera yang akan menyeberang ke Jawa wajib melakukan swab test antigen. Hasil pemeriksaan secara ketat di sejumlah titik, ditemukan sebanyak 90 orang reaktif Covid-19. 

Deny Yusuf, salah satu personel tim gugus tugas Covid-19 yang siaga di pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) menyebut kan, pelaku perjalanan yang akan membeli tiket kapal di pelabuhan Bakauheni wajib membawa hasil tes negatif antigen sebagai syarat perjalanan.

Sebanyak 8.000 lebih pelaku perjalanan telah dilakukan pemeriksaan pada sejumlah titik. Dari hasil test antigen sebanyak 80 reaktif Covid-19 langsung dibawa ke rumah susun sewa (Rusunawa) Kalianda. Sebanyak 9 pelaku perjalanan dibawa ke Negeri Baru Resort, 1 orang di rawat di Rumah Sakit Bob Bazaar, Kalianda.

“Selama periode 18-24 Mei 2021 pengetatan mobilitas kepada masyarakat pelaku perjalanan dalam negeri sesuai adendum surat edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 hasil tes GeNoses tidak berlaku, hanya hasil tes negatif antigen yang berlaku sebagai syarat perjalanan,” ungkap Denny Yusuf saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (21/5/2021).

Sejumlah pos pemeriksaan untuk verifikasi dokumen, lokasi tes swab antigen disiagakan menuju pelabuhan Bakauheni. Sejumlah titik tersebut berada di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 172 B. Rest area JTTS KM 87 B, rest area JTTS KM 20 B, pos pemeriksaan exit toll Hatta, pos pemeriksaan pelabuhan BBJ, pos pemeriksaan Rumah Makan Begadang dan pelabuhan ASDP Bakauheni.

Suwoyo, kepala koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang, wilayah kerja Bakauheni menyebutkan, selain petugas KKP tenaga kesehatan dari unsur terkait disiagakan. Khusus personil KKP disiagakan sebanyak 90 personil, Dinas Kesehatan Lamsel 75 personil dibantu personil unsur terkait.

“Pengetatan swab antigen bertujuan agar importasi kasus dari daerah lain dapat dicegah terutama pelaku perjalanan yang akan ke Jawa,” tuturnya.

Pemeriksaan swab antigen di pelabuhan Bandar Bakau Jaya bagi pelaku perjalanan yang akan menuju pulau Jawa salah satunya bagi Nursanti warga Lampung Timur tujuan Jakarta, Jumat (21/5/2021). Foto: Henk Widi

Suwoyo menyebut pelaku perjalanan sebaiknya melakukan tes antigen mandiri di daerah asal. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah potensi kerumunan pada pelabuhan BBJ dan pelabuhan ASDP Bakauheni.

Suwoyo juga menyebut pelaku perjalanan yang sehat tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan. Selain membawa masker, jaga jarak, membawa hand sanitizer, asupan makanan bergizi dan membawa makanan, minuman dari rumah sangat penting.

Wahyudi, personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lamsel menyebut ikut bertugas dalam penyiapan ruang isolasi. Sejumlah personil Tagana sebutnya telah melakukan pembersihan Rusunawa Kalianda. Pihaknya telah menyiapkan tempat tidur, toilet serta melakukan penyemprotan disinfektan. Imbas penuhnya Rusunawa untuk sebanyak 80 pelaku perjalanan, ruang isolasi memakai Negeri Baru Resort. Isolasi akan dilakukan selama 14 hari sesuai prosedur yang berlaku.

Lihat juga...