Pelaku Usaha Kuliner Ini tak Nikmati Untung saat Mudik Lebaran

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

“Bukan hanya pelaku usaha minuman kopi namun sektor usaha kuliner di terminal eksekutif,” ulasnya.

Berliana, pemilik toko penjualan kuliner di Jalan Lintas Sumatera KM 3 Bakauheni bilang usahanya sepi pembeli.

Pelaku perjalanan membeli oleh-oleh kerupuk ikan dan keripik di toko milik Berliana di Jalan Lintas Sumatera KM 3 Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (22/5/2021) – Foto: Henk Widi

Normalnya ia mengandalkan pelaku perjalanan yang akan kembali ke pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni. Namun operasional kapal yang dibatasi, persyaratan pelaku perjalanan lebih ketat berimbas pada usahanya.

“Meski tetap ada pelaku perjalanan yang tetap membeli produk kuliner namun jumlahnya terbatas,” ungkapnya.

Berbagai kuliner untuk oleh-oleh yang disiapkan sebutnya berupa keripik, kerupuk. Beruntung selain produk kuliner tersebut ia juga menyediakan berbagai makanan, minuman lainnya.

Konsumen dominan berasal dari pelaku usaha informal sejumlah penyedia jasa angkutan, ojek dan pengurus truk. Minuman jenis kopi, mi rebus hingga bakso jadi varian usaha yang bisa menutup biaya operasional.

Nurdiah, pedagang ikan bakar di Jalan Lintas Sumatera Tarahan, mengaku mengandalkan pekerja lokal. Saat arus mudik dan balik lebaran pelaku perjalanan yang mampir terbatas.

Pemilik usaha kuliner ikan bakar Nurdiah di Jalan Lintas Sumatera Tarahan, Lampung Selatan terimbas sepinya pelaku perjalanan saat mudik dan balik lebaran 1442 H, Sabtu (22/5/2021) – Foto: Henk Widi

Konsumen merupakan pelaku perjalanan yang akan menuju ke pulau Jawa dengan mobil dan motor. Keuntungan mencapai jutaan dalam sehari sebutnya anjlok menjadi ratusan ribu.

Ia beruntung lokasi usaha kuliner berada di dekat sejumlah perusahaan. Pelanggan dominan pekerja, pengemudi truk yang ingin menikmati ikan dan ayam bakarnya.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya saat pelaku perjalanan arus mudik, balik meningkat ia sempat kewalahan. Namun dua tahun selama pandemi Covid-19 memukul sektor usaha kuliner yang ditekuninya.

Lihat juga...