Pemda Sikka Fokus Tata Kawasan Wisata Tanjung Kajuwulu

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan penataan kawasan wisata Tanjung Kajuwulu di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda dengan berbagai objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

“Pemerintah akan fokus membangun tempat wisata di Tanjung Kajuwulu,” kata Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo saat ditemui di tempat wisata Tanjung Kajuwulu, Sabtu (9/5/2021).

Robi sapaannya meminta agar tempat wisata Tanjung Kajuwulu harus ditata secara baik agar bisa memberi makna bagi wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, saat ditemui di temoat wisata Tanjung Kajuwulu, Sabtu (9/5/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dia menyebutkan, dalam industri pariwisata harus kreatif sehingga kalau ada yang bagus maka tiru saja dan tidak perlu studi banding karena butuh waktu lama.

“Kalau bisa di tempat wisata ini dibangun kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Tempat wisata ini perlu ditata lebih baik karena selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sikka, Petrus Poling menyebutkan, pihaknya sejak tahun 2017 melakukan penataan kawasan wisata Tanjung Kajuwulu.

Pet sapannya menjelaskan, pihaknya membangun berbagai fasilitas seperti gazebo, lampu taman, kamar mandi, toilet dan ruang ganti. Selain itu, juga dibangun kios cenderamata, jalur pejalan kaki menuju puncak bukit yang terdapat salib serta menara pandang.

“Tempat wisata Tanjung Kajuwulu menyajikan berbagai atraksi wisata yakni treking ke Bukit Salib, Pantai Pasir Putih dan bakau. Juga ada padang savana, panorama tebing alam, pemandangan sunrise dan sunset serta wisata selam,” paparnya.

Petrus mengatakan, rencana kedepannya akan dibangun fasilitas wisata flyng fox, paralayang serta areal off road mengingat lokasi wisata ini cocok untuk berbagai atraksi wisata tersebut.

“Lokasi wisata ini selalu ramai disambangi wisatawan lokal setiap hari libur serta hari Sabtu dan Minggu. Kita akam terus melakukan penataan agar tempat wisata ini menarik dikunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Lihat juga...