Pemkab Balangan Maksimalkan Pembangunan Jalan Antar-Kecamatan

BANJARMASIN  – Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, bakal menggenjot pembangunan infrastruktur jalan antarkecamatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah baik itu sektor pertanian maupun perdagangan.

Bupati Balangan, Abdul Hadi di Paringin, Kalsel, Senin mengatakan, beberapa ruas jalan antarkecamatan yang bakal dibangun antara lain di Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, dan Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong.

Selain itu, tambahnya, jalan di Desa Gunung Batu-Desa Iyam, Desa Auh-Kambiyain, dan Desa Langkap-Desa Ajung juga akan dilakukan pengaspalan.

“Kami telah menganggarkan sebesar Rp10 miliar untuk perbaikan jalan dari Desa Gunung Batu sampai Desa Dayak Pitap pada 2022, agar semua pembangunan tuntas dalam satu tahap,” katanya.

Hadi mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pembagian pagu indikatif kepada setiap SKPD, untuk menjalankan visi kepemimpinannya yaitu Membangun Desa, Menata Kota.

Pembangunan jalan dan jembatan, tambah dia, menjadi fokus utama kepemimpinannya, karena infrastruktur tersebut diperlukan masyarakat, sehingga pemerintah daerah tidak perlu melakukan pembangunan maupun renovasi kantor.

“Kecuali, jalan dan jembatan sudah dibangun dengan layak di Kabupaten Balangan ini,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan, Tuhalus, menyampaikan pada 2021 pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan jembatan pada tiga titik dengan box culvert.

“Itu sudah kita anggarkan di 2021, hanya memang lelangnya nanti akan kita laksanakan pada akhir Mei ini. Kita menganggarkan dari tiga jembatan box culvert sekitar Rp1 miliar dan insya Allah selesai di tahun 2021,” ujarnya.

Pada 2022, lanjut Tuhalus, juga akan dilanjutkan dengan pengaspalan dan sebagian juga ada yang dalam proses pengerasan, dengan nilai anggaran hampir Rp8 miliar. (Ant)

Lihat juga...