Pemkot Tangerang Keruk Situ Cipondoh Cegah Air Meluap

TENGERANG – Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan koordinasi dengan Provinsi Banten, untuk pengerukan secara menyeluruh di Situ Cipondoh untuk melancarkan aliran air dalam mengatasi banjir di wilayah Kunciran.

“Kami sudah meninjau Situ Cipondoh bagian belakang yang saat ini sedang kami lakukan pengerukan sementara, untuk melancarkan aliran air,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, dalam keterangannya di Tangerang, Jumat (21/5/2021).

Dikatakan, pengerukan tersebut agar airnya tidak meluap ke pemukiman warga. “Kami akan berkoordinasi untuk dilakukan pengerukan secara menyeluruh, karena ini kewenangannya  provinsi,” tambah dia.

Ia mengatakan, telah melakukan pengecekan secara langsung dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Decky Priambodo, serta Camat Pinang Kaonang di Situ Cipondoh dan sejumlah saluran di titik lokasi yang terjadi genangan air.

Selain itu, ia juga sudah meninjau saluran-saluran di wilayah Kunciran yang terjadi penyumbatan dan luapan air diakibatkan sampah yang sulit dilakukan pembersihan oleh petugas,  karena saluran tertutup beton yang dipergunakan oleh para pedagang pasar lingkungan.

“Kalau seperti ini kami kesulitan melakukan normalisasi saluran, saya tidak melarang berdagang, tapi kan kami juga harus melakukan pemeliharaan saluran,” katanya.

Selain normalisasi saluran, Wali Kota Arief juga mengatakan akan melakukan pelebaran-pelebaran di beberapa titik saluran sebagai langkah mengatasi genangan di wilayah tersebut.

“Nanti pada crosingan-crosingan yang ada akan dilakukan pelebaran oleh Dinas PUPR Kota Tangerang,” katanya, menegaskan. (Ant)

Lihat juga...