Pemudik Diimbau Manfaatkan Swab Antigen Gratis di Polsek di Bekasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI —  Bagi warga Kota Bekasi, Jawa Barat yang telah kembali dari kampung halamannya dan belum memiliki surat bebas covid-19 diminta untuk datang ke Polsek di wilayahnya untuk melakukan swab antigen gratis.

Kapolsek Bekasi Utara Kompol Gun Gun Gunadi, Jumat (28/5/2021), menyampaikan bahwa swab antigen di Halam Polsek berlangsung hingga akhir Mei ini. Foto: Muhammad Amin

Program Swab Antigen gratis di setiap Polsek di Bekasi tersebut merupakan intruksi dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Bekasi Kota dibantu Puskesmas di masing-masing wilayah. Program itu masih berlangsung hingga akhir Mei 2021.

“Ini sebagai Upaya antisipasi terjadinya lonjakan kasus covid-19 di wilayah Kota Bekasi. Program swab antigen gratis digelar di semua Polsek wilayah Bekasi,” ungkap Kompol Gun Gun Gunadi, Kapolsek Bekasi Utara, Kepada Cendana News, Jumat (28/5/2021).

Dikatakan program swab antigen gratis tersebut menyasar para pemudik yang baru datang dari kampung halamannya di Bekasi dan belum memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Sosialiasi imbuhnya, dibantu oleh RT/RW di lingkungan masing-masing, untuk menyarankan warganya yang kembali dari mudik atau pun yang datang dari luar daerah dan belum memiliki surat bebas Covid-19.

“Program swab antigen gratis ini akan berakhir pada akhir Mei ini sesuai intruksi Polda. Untuk itu bagi warga baru dari luar daerah, atau datang ke Bekasi diimbau untuk ke Polsek melakukan swab antigen gratis,”ungkap Gun Gun.

Menurutnya sejak awal digelar swab antigen gratis Polsek Bekasi Utara menemukan 6 kasus reaktif. Mereka yang ditemukan reaktif paparnya, langsung dirujuk ke Puskemas di wilayah masing-masing.

Langkah tersebut jelas bentuk pengamanan wilayah yang selama ini diketahui zona hijau. Dari 266 RT hanya satu zona kuning terdapat di wilayah Harapan Jaya. Swab Antigen itu dibantu tenaga medis dari Puskesmas.

Salah seorang peserta swab antigen gratis mengaku bernama Wahono, mengatakan ia diminta langsung oleh Ketua RW di tempatnya untuk melakukan swab antigen di Polsek Bekasi Utara.

“Saya sebenarnya dari Depok, baru dua hari di Harapan Jaya, untuk bekerja renovasi rumah. Tapi oleh Ketua RW setempat di minta untuk ke Polsek mengikuti swab antigen,”ujarnya kepada Cendana di lokasi.

Pantauan di lokasi warga terus berdatangan umumnya mereka yang telah bepergian dari ke luar daerah dan kembali ke Kota Bekasi.

“Kami ini tidak mudik, sekeluarga dari main saja ke luar daerah tapi setelah kembali ke rumah di Bekasi Utara oleh RT diminta untuk mengikuti swab antigen di Polsek bentuk antisipasi, alhamdulillah dinyatakan negatif,” papar warga lainnya.

Lihat juga...