Lebaran CDN

Penumpang Mulai Memadati Terminal Kota Bekasi

Editor: Maha Deva

BEKASI – Lonjakan penumpang dengan berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera, mulai terlihat di terminal Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (1/5/2021). Penumpang mulai memadati terminal Kota Bekasi.

Pantauan Cendana News di terminal Kota Bekasi, kepadatan Penumpang mulai terjadi sejak Sabtu (1/5/2021) pagi hingga menjelang malam. Terminal masih dipadati bus yang bergerak keluar masuk, untuk membawa penumpang.

Kepadatan tersebut berimbas pada kemacetan panjang, di pintu masuk terminal Kota Bekasi. Terminal dipenuhi bus dari berbagai daerah, untuk mencari penyewa. Pemudik memadati terminal dengan berbagai tujuan.

Mulyadi, Komandan Regu Primajasa, ditemui Cendana News, Sabtu (1/5/2021) – foto M Amin

“Kepadatan di terminal Kota Bekasi, mulai terjadi sejak Jumat (30/4/2021) sore kemarin. Tapi tujuan masih didominasi ke Pulau Jawa, terutama untuk Jawa Barat seperti Majalengka, Cirebon, Indramayu, Garut, Cikijing, Ciledug dan Tasik,” ungkap Mulyadi, Komandan Regu Primajasa, kepada Cendana News, Sabtu (1/5/2021) sore.

Lonjakan untuk penumpang sewa Primajasa, di dominasi tujuan kota-kota di sekitar Jawa Barat dan Merak. Namun untuk PO lain, juga mulai di padati penumpang untuk jasa angkutan antar Provinsi.

Ia mempridiksi, penumpang di terminal Kota Bekasi, akan terus melonjak hingga 4 Mei 2021. Rata-rata penumpang memilih libur lebih dulu ditempat kerjanya, untuk mengakali larangan mudik yang mulai berlaku 6 Mei mendatang. Salah seorang pemudik asal Garut, bernama Dadang Hamdani, mengakui memilih libur lebih awal di tempat kerjanya, untuk pulang berlebaran di kampung halaman.

“Larangan mudik mulai 6 Mei, memang sudah direncanakan untuk mudik lebih awal, sejak ada pengumuman itu sudah izin untuk mengambil libur lebih awal. Untuk pulang lagi terserah bagaimana nanti,” ucapnya.

Karman, pengurus Bus Lintas Provinsi dengan tujuan Sumatera menyebut, kepadatan terjadi untuk mudik di Jawa Barat, dan Sumatera ke Lampung atau Palembang. “Untuk bus antar Provinsi bisa dikatakan masih stabil, belum ada lonjakan signifikan melalui terminal Kota Bekasi. Tapi nggak tahu di POL di luar terminal karena banyak di wilayah pintu keluar masuk tol Bekasi Timur, kemungkinan banyak penumpang lewat sana nggak melalui terminal,” tukasnya.

Lihat juga...