Perayaan Waisak di Vihara Dhammasoka Banjarmasin Dilakukan Sederhana

Kepala Vihara Dhammasoka Banjarmasin Bhante Saddhaviro Mahathera.-Ant

BANJARMASIN – Vihara Dhammasoka di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar perayaan Waisak tahun 2021 secara sederhana, mengingat wabah Covid-19 belum berakhir.

Kepala Vihara Dhammasoka Banjarmasin, Bhante Saddhaviro Mahathera, mengatakan acara perayaan Waisak dilakukan sesuai ketentuan pemerintah mengenai pencegahan penularan Covid-19.

“Kami umat Buddha menggelar Waisak di vihara ini dengan kehadiran langsung yang sangat terbatas, namun disiarkan juga secara live streaming (langsung) untuk umat yang bisa mengikutinya di rumah,” katanya di Banjarmasin, Rabu (26/5/2021).

Ia menjelaskan, bahwa rangkaian acara perayaan Waisak di Vihara Dhammasoka dimulai Selasa (25/5), dengan kegiatan pembagian bahan pokok kepada warga sekitar vihara yang membutuhkan.

“Dari pagi tadi ada acara puja bakti Waisak tingkat anak dari pukul 08.00 hingga 09.30 WITA, lanjut lagi setelah itu hingga pukul 11.30 untuk tingkat remaja, siangnya nanti ini bagi para ibu-ibu, semua menerapkan protokol kesehatan,” kata Bhante Saddhaviro Mahathera.

Menurut dia, puja bakti Waisak akan digelar lagi mulai pukul 18.00 WITA dan dilanjutkan dengan detik-detik Waisak pada pukul 19:13:30 WITA.

“Inilah rangkaian gelar Waisak yang kita laksanakan sesederhana mungkin, namun tidak mengurangi esensi Waisak itu sendiri, khusus tahun ini mengusung tema cinta kasih membangun keluhuran bangsa,” katanya.

“Cinta kasih itu kan tidak menyakiti orang lain, baik melalui kata-kata, pikiran, apalagi tindakan,” ia menambahkan.

Dia berpesan kepada umat Buddha, agar semasa pandemi Covid-19 menaati protokol kesehatan dengan kesadaran, bukan karena terpaksa.

“Sama-sama menjaga demi dirinya, keluarganya, dan masyarakat,” demikian Bhante Saddhaviro Mahathera. (Ant)

Lihat juga...