Perpusdes Swa Pustaka, Perpustakaan Modern di Pelosok Kulon Progo

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Meski terletak di daerah pelosok, tepatnya Dusun Kriyan, Hargorejo, Kokap, Kulon Progo, Perpusdes Swa Pustaka sepintas nampak tak terlihat seperti Perpustakaan Desa pada umumnya. 

Selain memiliki bangunan bertingkat dua lantai, Perpusdes ini juga memiliki koleksi buku yang sangat lengkap. Termasuk juga fasilitas modern yang sangat nyaman bagi pengunjung.

Dilengkapi ruang baca ber-AC baik di lantai satu maupun dua, Perpusdes Swa Pustaka, tercatat memiliki lebih dari 4250 koleksi buku. Hampir setiap hari, Perpusdes ini selalu ramai oleh anak-anak hingga remaja sekitar desa.

Mereka rutin datang memanfaatkan fasilitas layanan internet gratis perpustakaan, untuk keperluan pembelajaan sekolah daring selama pandemi Covid-19. Baik itu menggunakan jaringan WiFi, maupun 3 unit perangkat komputer yang telah disiapkan Perpusdes.

“Perpustakaan ini juga dilengkapi ruang Multimedia atau Audio Visual. Ruangan ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari menonton film bersama, kegiatan forum diskusi remaja, pelatihan komputer, fotografi, pelatihan menulis dsb,” ujar pengelola Perpusdes Swa Pustaka, Ajru Fajriyah, Kamis (20/5/2021).

Pengelola Perpusdes Swa Pustaka, Ajru Fajriyah saat ditemui Kamis (20/5/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana

Tak hanya itu, Perpusdes Swa Pustaka bahkan memiliki sebuah lahan pertanian yang dikelola dan dimanfaatkan untuk masyarakat. Menurut Ajru, hal ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan yang dijalankan Perpusdes Swa Pustaka.

“Jadi kita punya lahan pertanian yang merupakan tanah kas desa. Disitu kita mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk menanam berbagai macam sayuran. Pupuknya kita suplai secara gratis. Sementara hasilnya nanti dibagikan pada masyarakat,” ungkapnya.

Berkat berbagai layanan maupun fasilitas itulah, Perpusdes Swa Pustaka, Hargorejo, mampu meraih berbagai macam prestasi. Selain tercatat pernah menjadi juara 2 tingkat Kabupaten Kulon Progo, dan juara 3 tingkat DIY tahun 2020 lalu. Perpusdes ini juga mencatatkan dirinya sebagai perpustakaan terbaik tinggkat kabupaten Kulon Progo tahun 2021 ini.

“Perpustades ini mengalami kemajuan luar biasa sejak beberapa tahun terakhir, karena adanya dukungan penuh dari Pemerintah Desa Hargorejo. Selain membangun gedung lantai dua senilai Rp163 juta pada tahun 2019, pemerintah desa juga rutin mengucurkan dana untuk memenuhi semua kebutuhan perpustakaan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Memanfaatkan Dana Desa, total anggaran yang dikucurkan pemerintah desa pada Perpusdes Swa Pustaka tercatat bahkan terus meningkat. Jika pada tahun 2020 lalu, total anggaran yang dikucurkan mencapai Rp35 juta per tahun, maka pada tahun 2021 ini jumlahnya meningkat menjadi Rp 61 juta.

“Anggaran itu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari membiayai kegiatan operasional, membeli dan menambah sejumlah fasilitas, membiayai kegiatan pemberdayaan, hingga membayar gaji karyawan, dan sebagainya. Semua itu dilakukan agar Perpusdes Swa Pustaka ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa,” pungkasnya.

Lihat juga...