Petani Bone Bolango Siap Tanam Padi Varietas Unggul

GORONTALO  – Petani di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mulai mempersiapkan lahan sawah mereka untuk menyemaikan 46,25 ton benih padi varietas unggul dari Dinas Pertanian setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus di Gorontalo, Jumat, mengatakan pihaknya telah melakukan musyawarah segala aspek teknis yang mendukung percepatan luas tanam padi di Kabupaten Bone Bolango.

“Monitoring ketersediaan pupuk, air, Brigade OPT (organisme pengganggu tanaman) dan penyaluran benih padi telah kita lakukan lebih awal, sehingga petani dapat melaksanakan kegiatan persemaian padi sesuai jadwal yang disepakati,” ujarnya.

Roswaty menyebutkan untuk lahan sawah produktif Kabupaten Bone Bolango seluas 1.850 hektar pada musim tanam ke dua mendapatkan bantuan benih padi varitas unggul baru.

“Saat ini, sebanyak 46,25 ton atau 46.250 kilogram benih padi sudah ada di petani Bone Bolango,” sebutnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Rosna Dewi Rayusyam, menambahkan jenis VUB padi yang diserahkan kepada kelompok tani terdiri dari Mekonga, Ciherang, Inpari 42, Inpari 43 dan Nutrizinc.

Selain bantuan benih, untuk mendukung provitas padi di musim tanam ke dua, maka Brigade pengendalian OPT juga dipersiapkan dengan matang, di antaranya ketersediaan buffer stok pestisida dan koordinasi dengan petugas POPT.

Untuk mendukung percepatan luas tanam padi di Kabupaten Bone Bolango musim tanam kedua, maka Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bulango Timur telah melakukan penyaluran bantuan benih padi ke masing-masing anggota kelompok tani.

Koordiantor Penyuluh BPP Bulango Timur, Suwandi Said, mengatakan bahwa untuk Kecamatan Bulango Timur luas lahan sawah yang mendapatkan bantuan benih padi adalah seluas 219 hektar.

“Untuk petani Bulango Timur, bantuan benih padi pada musim tanam 2 ini sebanyak 5.475 kilogram atau 5,475 ton,” katanya. (Ant)

Lihat juga...