Lebaran CDN

Polisi Giatkan Operasi Yustisi di Bangka Barat

MENTOK – Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan Operasi Yustisi untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah itu.

“Saat ini jumlah kasus makin banyak dan pasien yang masih wajib menjalani isolasi makin meningkat, kami berharap upaya ini bisa membantu meningkatkan kesadaran warga dalam mencegah penularan virus, minimal disiplin menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah di Mentok, Minggu (2/5/2021).

Ia menjelaskan, Operasi Yustisi digelar dengan beberapa pola, antara lain bersama tim gabungan Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, pemantauan dan pengawasan pengendara kendaraan bermotor yang melintas, pemantauan pengunjung destinasi wisata dan pola lainnya.

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, pengawasan terhadap kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan perlu terus dilakukan agar warga makin sadar pentingnya mencegah penularan virus tersebut.

“Budaya 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan mengurangi mobilitas perlu terus disosialisasikan dan diawasi,” katanya.

Untuk membangun kesadaran pentingnya kebiasaan baru itu, seluruh personel di Polres Bangka Barat diharapkan terlibat aktif dalam sosialisasi, penyuluhan dan pengawasan, seperti yang dilakukan Satlantas Polres Bangka Barat selama ini.

Satuan lalu Lintas Polres Bangka Barat secara rutin melaksanakan Operasi Yustisi kepada para pengendara kendaraan bermotor yang melintas di beberapa ruas jalan utama di pusat Kota Mentok.

“Selain memantau penerapan disiplin protokol kesehatan, pada kesempatan itu kami juga melaksanakan pengaturan agar jalan raya tetap tertib dan lancar,” kata Kasat Lantas Polres Bangka Barat, Iptu R.T.A Sianturi.

Pada operasi tersebut, para pengendara diminta patuh memakai masker dan diharap kehadiran personel Satlantas selain dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan meminimalkan pelanggaran lalu lintas.

“Kami tekankan ke personel untuk hadir di tengah warga, dan memberikan pelayanan dan pengayoman kepada pengguna jalan raya,” katanya.

Di dalam setiap aktivitas selama masa pandemi Covid-19, kata dia, personel wajib menjaga disiplin dalam menerapkan aturan kesehatan saat bertugas dan selalu membantu warga agar patuh protokol kesehatan yang berlaku. (Ant)

Lihat juga...