Rahasia di Balik Sambal Mata yang Nikmat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Sambal mata menjadi pilihan banyak orang yang menyukai sambal rasa rempah. Selain rasanya yang juga pedas bercampur gurih.

Novita, salah satu pengelola rumah makan di Jember mengatakan, sambal mata menjadi menu andalan di rumah makannya. Banyak pembeli yang ketagihan setelah mencicipi olahan sambal andalan miliknya.

Novita, saat ditemui Cendana News di wilayah Jalan Mastrip, Kelurahan Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Karakter orang Jember saat sedang makan rasanya kurang pas apabila tidak ada hidangan sambal sebagai menu pelengkap. Setiap sambal yang saya buat, disesuaikan dengan selera orang sini yang cenderung pedas,” ujar Novita kepada Cendana News, di wilayah Jalan Mastrip, Kelurahan Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Novita,  sambal mata merupakan sambal dengan varian rasa rempah dan tentu saja pedas. Namun ada bahan dasar yang membuatnya berbeda dengan sambal lainnya.

“Biasanya, cara membuat sambal tidak lepas dengan diulek atau dihaluskan terlebih dahulu. Sedangkan untuk sambal mata sendiri cukup dengan diiris kecil-kecil, lalu tinggal digoreng,” katanya.

Dalam membuat sambal mata, bahan dasar yang dibutuhkan yakni cabai, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, minyak kelapa, dan tambahan bumbu rempah lainnya.

“Proses pembuatannya pertama kali iris semua bahan dasarnya menjadi kecil-kecil. Setelah itu masukkan semua bahan terkait ke dalam wajan yang terisi minyak. Kecuali irisan daun jeruk purut dimasukkan pas akhir-akhir saja. Karena kalau daun jeruknya terlalu layu saat digoreng, aromanya tidak begitu terasa,” ungkapnya.

Novita menambahkan, faktor yang paling penting saat dirinya membuat sambal mata adalah  menggunakan minyak kelapa. Selama ini minyak kelapa menurutnya mampu untuk memunculkan rasa rempah yang khas. Untuk minyak yang digunakan hanya dapat dimanfaatkan sekali pakai saja.

“Setelah dirasa cukup matang, tinggal masukkan irisan daun jeruk purut, kemudian aduk sebentar saja dan sambal mata siap untuk disajikan,” tegasnya.

Nuril, salah satu penikmat sambal mata, kerap kali memilih sambal tersebut sebagai campuran menu makanan yang dipesannya.

Nuril saat ditemui Cendana News di wilayah Jalan Bangka, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Ketika dikunyah rasa sambalnya terasa sekali, selain terasa pedas juga rasa sedap dari campuran rempah di dalamnya. Kalau sambal biasa yang terasa cuma pedas dan campuran bumbu saja. Tapi sambal mata rasa rempah dan pedasnya dapat semua,” ucapnya.

Lihat juga...