Rekening Anda Mau Aman dari Tindak Kejahatan, Begini Caranya

Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar – foto Ant

PALU – Ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat, untuk menjaga keamanan rekening yang dimiliki dari tindak kejahatan, yang biasa terjadi karena memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

“Pertama, aktifkan fitur notifikasi Short Message Service (SMS) transaksi. Jika ada transaksi di rekening anda, baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberiahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Gamal Abdul Kahar, Sabtu (29/5/2021).

Kedua, cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking. Cara selanjutnya untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, seperti menggunakan pindai sidik jadi atau wajah.

Keempat, gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan wireless fidelity (wifi) publik atau wifi gratis untuk melakukan transaksi perbankan. Kelima, kata data pribadi, jangan pernah memberikan identitas pengguna, kata sandi, kode One Time Password (OTP), Personal Identification Number (PIN) rekening atau nama ibu kandung kepada siapapun, termasuk pihak bank. Ubah kata sandi secara berkala.

“Berhati-hati saat menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya pencurian informasi dengan cara menyalin informasi atau skimming,” terangnya.

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, sekarang datang ke bank terdekat. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sehingga berisiko bisa mengetahui kata sandi atau melakukan kloning kartu ATM. (Ant)

Lihat juga...