Lebaran CDN

Rimbang Telur Balado Pendamping Nasi Hangat Nan Lezat

Editor: Maha Deva

Olahan rimbang telur balado jadi sajian dengan cita rasa lezat buatan Wandriasari di Sukadanaham, Tanjung Karang Barat, Bandarlampung, Sabtu (1/5/2021) - foto Henk Widi

LAMPUNG – Tanaman rimbang atau dikenal dengan sebutan tekokak, kerap menjadi bahan campuran membuat sambal atau juga dimakan mentah sebagai lalapan.

Namun di Lampung, sebagian warga berkreasi dengan memasak buah rimbang yang bernama ilmiah Solanum torvum dengan telur. Salah satunya Wandriasari, yang memasak rimbang menjadi sajian lezat, dikombinasikan dengan telur balado. Sajian itu menjadi pendamping nasi hangat nan lezat.

Pembuatan rimbang telur balado menurut warga yang tinggal di Sukadanaham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandarlampung tersebut cukup sederhana. Kali ini yang dimasak 10 butir telur ayam, menyesuaikan jumlah anggota keluarganya. Bumbu yang digunakan adalah, bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, penyedap rasa dan tomat.

Cara memasaknya, semua bumbu dihaluskan, termasuk penyedap rasa, kecap manis. Rimbang yang telah dipisahkan dari tangkai kemudian dibersihkan dan direndam dengan air, untuk hilangkan getah.

Buah rimbang atau takokak bernama ilmiah solanum torvum, menjadi salah satu bahan kuliner dan lalapan yang lezat, Sabtu (1/5/2021) – Foto Henk Widi

Telur ayam direbus hingga matang dan dikupas. “Telur ayam yang telah dikupas selanjutnya digoreng hingga kulit bagian putih berwarna coklat kekuningan, semakin kering bagian luar telur, akan menambah rasa renyah, sekaligus mengeringkan bagian kuning telurnya,” ujar Wandriasari, kepada ditemui Cendana News, Sabtu (1/5/2021).

Sembari meniriskan telur ayam yang digoreng, Wandriasari menyiapkan bumbu balado untuk ditumis. Proses menumis dilakukan dengan margarin, agar aroma yang didapat lebih wangi. Setelah semua bumbu balado ditumis, tahap selanjutnya masukkan buah rimbang yang telah dicuci bersih. Rimbang akan layu dan matang, ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi coklat. Setelahnya aduk hingga merata bersama bumbu balado, dan ditambahkan sedikit air.

Tahap akhir, telur ayam yang telah ditiriskan campurkan pada bumbu balado dan rimbang. Koreksi rasa dengan menambahkan penyedap rasa, gula dan garam. Agar semakin lezat saat diberi tambahan kecap manis. Bagi penyuka rasa pedas tambahan lada dan bubuk cabai bisa menjadi alternatif. Masak hingga semua bumbu meresap dan air mengering. “Agar lebih beraroma bisa tambahkan irisan daun bawang dan kemangi untuk pengugah selera,” tandasnya.

Rimbang telur balado bisa menjadi pilihan penyuka rimbang, yang biasanya hanya untuk lalapan. Rimbang, yang merupakan jenis terong tersebut, memiliki aroma khas sehingga disukai pecinta lalapan. Memasak dengan bumbu balado dilakukan, agar aroma langu hilang. Dan telur yang telah diolah dengan proses penggorengan, diberi sambal balado sebutnya cocok disajikan bersama nasi hangat.

Fauzi, salah satu warga di Sukadanaham, menyukai rimbang untuk lalapan. Namun, kreasi kuliner memakai buah bernama lain tekokak bersama telur balado sangat lezat. Menikmati rimbang dengan balado, menjadi cara untuk meningkatkan selera makan. Saat mengunyah rimbang utuh, ia mengaku rasa sengir khas rimbang akan hilang tercampur bumbu balado. “Kombinasi rimbang dengan telur balado semakin menambah kelezatan apalagi dengan nasi hangat,” tandasnya.

Sajian rimbang telur balado disukai katerine, keponakan Wandriasari. Ia mengaku rasa buah rimbang persis seperti terong. Selain diolah bersama telur balado, ia kerap mengolahnya bersama teri dan disambal.

Lihat juga...