Sanofi dan GSK, Mulai Menguji Coba Tahap Akhir Vaksin COVID-19

Ilustrasi. Vaksin COVID-19 – ANTARA

PARIS – Sanofi Prancis dan GlaxoSmithKline (GSK) Inggris, Kamis (27/5/2021), memulai uji coba tahap akhir vaksin yang diproduksi kepada manusia. Calon vaksin COVID-19 rekombinan mereka, diharapkan dapat mengantongi persetujuan regulator akhir tahun ini.

Dua perusahaan tersebut, di awal Mei ini melaporkan hasil sementara positif. Membenarkan riset tahap III terkontrol plasebo dan tersamar ganda, akan melibatkan lebih dari 35.000 orang dewasa di Amerika Serikat, Asia, Afrika dan Amerika Latin. “Dalam prosedur dua tahap, riset tersebut awalnya akan menyelidiki kemanjuran formulasi vaksin yang menargetkan virus asli, sementara tahap berikutnya akan mengevaluasi formulasi kedua yang menargetkan virus B1351,” kata Sanofi, Kamis (27/5/2021).

Garis keturunan virus yang dikenal B1351 pertama kali muncul di Afrika Selatan. Sanofi membenarkan, pihaknya akan memulai studi klinis dalam beberapa pekan mendatang, guna menilai kemanjuran vaksin sebagai suntikan penguat, terlepas dari vaksin pertama apa yang mungkin diterima oleh seseorang. Menanti hasil tahap III yang positif, vaksin tersebut dapat disetujui pada kuartal keempat, setelah awalnya ditargetkan untuk paruh pertama tahun ini sebelum mengalami kemunduran.

Sanofi dan GSK, pada Desember lalu terpaksa memulai lagi uji coba mereka, ketika vaksin menunjukkan respons imun yang rendah pada orang dewasa yang lebih tua, sebagai akibat dari lemahnya formulasi antigen. (Ant)

Lihat juga...