Sebanyak 411 Warga Bangka Masih Menjalani Isolasi COVID-19

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra – foto Ant

SUNGAILIAT – Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung mencatat, masih sebanyak 411 warga daerah itu, menjalani proses pemulihan kesehatan akibat terinfeksi COVID-19.

“Pemulihan kesehatan bagi 411 warga yang terinfeksi COVID-19 di pusatkan di balai isolasi, yang disediakan pemerintah baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri di masing-masing desa dan kelurahan,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra, di Sungailiat, Rabu (26/5/2021).

Ratusan warga yang menjalani isolasi itu, sudah termasuk 55 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes usap maupun tes antigen. Sementara itu, jumlah pasien COVID-19 yang menjalani isolasi merupakan angka terbanyak selama penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka, yang terjadi satu tahun lebih. Dari 55 orang positif COVID-19 baru, terdapat 14 orang pegawai dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, total kasus pasien COVID-19 sampai dengan hari ini terdata 3.793 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.321 orang sudah dinyatakan sembuh, serta 61 orang pasien terinfeksi virus jenis baru corona dinyatakan meninggal dunia. “Melonjaknya kasus sebaran COVID-19 diduga karena mulai menurunnya kesadaran masyarakat menerapkan disiplin menerapkan prokes COVID-19,” tandasnya.

Padahal, disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah antisipasi dini pencegah penyebaran virus corona yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya. Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, menetapkan zona merah penyebaran COVID-19 di tujuh kelurahan dan lima desa karena wilayah itu diketahui terbanyak kasus sebaran COVID-19. “Saya mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mewaspadai jangan sampai terdapat zona merah lagi baik di kelurahan maupun di desa,” tegasnya. (Ant)

Lihat juga...