Sebanyak 8.037 Orang Tenaga Pendidik di Gunung Kidul Telah Divaksin COVID-19

Ilustrasi. Simulasi pembelajaran tatap muka – foto Ant

GUNUNG KIDUL – Sebanyak 8.037 orang tenaga pendidik di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah divaksinasi COVID-19. Sehingga mereka bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran 2021/2022.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Gunung Kidul, Tijan mengatakan, tenaga pendidik yang telah divaksin terdiri dari guru jenjang PAUD, Taman Kanak-kanak (TK), dan sekolah dasar (SD) sebanyak 6.246 orang. Tenaga pendidik SMP sebanyak 1.791 orang. “Sampai saat ini tenaga pendidik yang belum divaksin sebanyak 2.356 orang. Berdasarkan informasi Dinas Kesehatan, ditargetkan selesai pada Juni, sehingga pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka sudah bisa mengajar,” kata Tijan, Minggu (23/5/2021).

Berdasarkan data Disdikpora Gunung Kidul, total tenaga pendidik yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 10.393 orang. Dengan 8.037 orang yang divaksin, artinya masih 20 persen guru, yang belum divaksin COVID-19.

Jumlah guru sasaran vaksin juga mengalami penambahan, mengingat pada awal Maret lalu, tercatat ada 9.419 calon penerima. Saat itu, guru SD mendominasi dengan jumlah 4.872 orang. “Berdasarkan data vaksinasi dari Dinkes, tidak ada persoalan terhadap vaksinasi COVID-19. Kami berharap pembelajaran tatap muka segera bisa diselenggarakan di Gunung Kidul,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul, Dewi Irawaty mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus dengan pelaksanaan vaksinasi bagi petugas pelayanan publik dan lansia. “Harapannya Juni bisa selesai, tergantung pada pasokan vaksinnya,” kata Dewi. (Ant)

Lihat juga...