Sebelum Terima Vaksin AstraZeneca, Trio Fauqi Firdaus (Alm) Sehat

JAKARTA – Perwakilan pihak keluarga menyebut kondisi dari mendiang Trio Fauqi Virdaus, sehat sebelum menerima vaksin Covid-19 dari AstraZeneca.

“Sehat walafiat, bugar masih kerja seperti biasa,” kata sang kakak, Sabbihis Fathun Vickih di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Vickih mengatakan, bahwa kondisi adiknya tersebut juga tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Namun, Vickih menyebut adiknya itu mengeluhkan sakit sepulangnya mengikuti vaksinasi yang diadakan di Gelora Bung Karno.

“Kita enggak pernah tahu ada penyakit apa pun, enggak pernah tahu. Biasanya sakit pilek, flu, kalau sakit kanker enggak ada,” ujar Vickih.

Vickih menambahkan, sakit yang diderita adiknya bukan sekadar pusing biasa. Tapi, sakit kepala yang luar biasa hingga akhirnya pihak keluarga kemudian membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Mereka nanya ini karena apa? Pas tahu habis vaksin, lalu dianjurkan untuk berobat ke rumah sakit besar. Tapi, selang lima menit ada dokter yang periksa yang menyatakan adik saya sudah meninggal jam 12.30 WIB,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisi Nasional (Komnas) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) belum memiliki cukup bukti yang mengaitkan peristiwa meninggalnya seorang pemuda asal Buaran, Jakarta Timur, dengan vaksin yang dia terima.

“Komnas bersama Komda DKI sudah audit bersama pada Jumat (7/5), dan internal Komnas kemarin sore menyimpulkan, bahwa belum cukup bukti untuk mengaitkan KIPI ini dengan imunisasi. Karena itu, masih perlu dilakukan investigasi lebih lanjut,” kata Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Satari.

Kementerian Kesehatan turut berduka atas meninggalnya almarhum dan mendorong hasil investigasi Komnas dan Komda KIPI bisa segera didapatkan.

Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pascaimunisasi.

Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. (Ant)

Lihat juga...