Sejumlah Objek Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Pemerintah Kabupaten Bandung mulai hari ini telah memutuskan untuk menutup sejumlah objek wisata di wilayah ‘Pacira’ atau Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna menyebut, penutupan destinasi wisata itu berdasarkan instruksi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam rangka menghindari terjadinya penumpukan dan kerumunan pengunjung.

“Mohon dimengerti karena ini dilakukan untuk keselamatan kita semua, terima kasih atas kerja samanya,” ujar Dadang, Minggu (16/5/2021) dalam keterangan tertulis yang diterima Cendana News.

Dadang sendiri belum bisa memperkirakan kapan objek wisata yang ditutup sementara itu akan dibuka kembali. Ia mengakui, meski mudik dilarang, namun lonjakan pengunjung pada libur lebaran kali ini masih tinggi.

“Sekali lagi untuk sementara akses menuju objek wisata di Pacira kita tutup, guna tak ada lagi masyarakat yang mendatangi destinasi tersebut,” ucapnya.

Respon masyarakat terhadap penutupan objek wisata ini beragam. Ada yang mendukung, namun ada pula yang menentangnya. Maulana misalnya, warga asal Arjasari itu mengaku kecewa lantaran rencana untuk berlibur ke Ciwidey sudah matang. Akibat penutupan tersebut, ia pun batal bepergian.

“Kemarin bilangnya semua objek wisata dibuka. Sekarang ditutup lagi. Padahal katanya tempat wisata itu sudah menerapkan protokol kesehatan, terus apa gunanya?” cetus Maulana.

Menurut Maulana, dengan ditutupnya Pacira maka potensi kerumunan akan lebih banyak terjadi di sejumlah objek wisata lainnya.

“Bisa bisa nanti di Pangalengan yang numpuk. Kalau mau tegas, harusnya sekalian. Tutup semua tempat wisata. Seluruh Indonesia. Saya benar-benar heran dengan kebijakan pemerintah yang tidak konsisten ini,” pungkas Maulana.

Lihat juga...