Semarang Zoo, Alternatif Wisata Favorit Keluarga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Menikmati liburan bersama keluarga, menjadi pilihan yang tepat saat akhir pekan. Ada beragam tempat wisata yang bisa dituju, termasuk Semarang Zoo atau Kebun Binatang Mangkang Semarang.

Keberadaan aneka satwa, layaknya kebun binatang, seperti gajah, rusa, harimau, unta hingga beragam wahana permainan yang ada, menjadikan Semarang Zoo sebagai tujuan favorit wisata keluarga.

“Anak-anak paling senang kalau diajak berwisata ke kebun binatang, meski sudah berkali-kali datang, tetap ada kegembiraan. terutama karena mereka bisa melihat aneka satwa yang ada, seperti gajah, rusa, harimau, aneka burung, hingga buaya,” papar salah seorang pengunjung, Widiyanti, saat ditemui di Semarang Zoo, Minggu (23/5/2021).

Salah seorang pengunjung Widiyanti bersama keluarga, menyempatkan diri berfoto dengan aneka burung yang ada, di sela kunjungan wisata di Semarang Zoo, Minggu (23/5/2021). Foto: Arixc Ardana

Tidak hanya itu, beragam permainan yang ada di lokasi tersebut, juga menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama anak-anak. Mereka bisa bermain di berbagai wahana yang ada di Play-Play Semarang Zoo.

Mulai dari driving school, mini ferris wheel, bumper car, spiral jet, baby fun, mini bus, carrousel, energy claw, tagada, clip n climb dan beragam permainan lainnya.

“Tiket masuk masuk Semarang Zoo juga relatif terjangkau, Rp 20 ribu per orang. Dengan harga ini, pengunjung dapat menggunakan tiket tersebut untuk mencoba satu permainan di Play-Play Semarang Zoo. Jadi tidak terlalu mahal,” ungkapnya.

Daya tarik lainnya bagi wisatawan, yakni berkesempatan berfoto bersama aneka satwa. Seperti ular, burung kakatua atau hewan lainnya. Tidak perlu takut, semua hewan tersebut sudah jinak dan ramah untuk diajak berfoto bersama wisatawan.

“Jadi tidak hanya berwisata, namun juga memberikan edukasi kepada anak, tentang beragam hewan yang ada. Misalnya gajah, berapa beratnya, kenapa belalainya panjang, kemudian rusa, bisa dari jenis-jenisnya, makanannya dan lainnya. Jadi tidak hanya sekedar berwisata saja,” tambahnya.

Sementara, Direktur PT Taman Satwa Semarang, Choirul Awaludin, sebagai pengelola Semarang Zoo, saat dihubungi secara terpisah, juga memaparkan hal senada.

“Semarang Zoo menjadi tujuan utama wisata keluarga bagi masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Di sini, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditujukan untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman dan kerabat lainnya,” terangnya.

Jika anak-anak, bisa melihat aneka satwa dan mencoba beragam wahana permainan yang ada di Play Play Semarang Zoo. Bagi pengunjung yang lebih dewasa, selain melihat satwa juga dapat mencoba Zoo Adventure. Berupa wisata jeep offroad, berkeliling jelajah ke hutan, dengan durasi kurang lebih 3 jam.

Ditambahkan, selama libur Lebaran 1442 H, Semarang Zoo juga menjadi pilihan masyarakat yang ingin menikmati wisata bersama sanak saudara.

“Kita berharap dengan koleksi satwa yang terus bertambah, ditunjang dengan peningkatan sarana prasarana yang ada, termasuk wahana permainan, dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Semarang Zoo. Namun tentu saja di tengah pandemi covid-19, kita tetap memberlakukan pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Lihat juga...