Sempat Terdampak Covid-19, Perekonomian Warga DCML Pesantunan Mulai Membaik

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BREBES — Sempat terdampak pandemi Covid-19 setahun terakhir, kondisi perekonomian masyarakat yang dimotori Koperasi Berkah Damandiri, di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, mulai membaik sejak beberapa bulan terakhir.

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Wanasari Brebes Jawa Tengah, Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain mulai kembali berangsurnya kegiatan ekonomi masyarakat seperti biasa, hal tersebut salah satunya juga dipengaruhi sejumlah kebijakan yang dijalankan Koperasi Berkah Damandiri sebagai kepanjangan tangan Yayasan Damandiri di DCML Pesantunan.

Menaungi sekitar 3.000 lebih anggota/warga desa, Koperasi Berkah Damandiri selama ini ikut berkontribusi aktif dalam membantu perekonomian warga selama masa pandemi Covid-19.

Di samping memberikan kelonggaran dalam hal pembayaran cicilan pinjaman modal usaha, Koperasi Berkah Damandiri juga turut menyalurkan bantuan sembako gratis yang bersumber dari Yayasan Damandiri bagi 1.500 lebih warga desa terdampak pandemi, senilai Rp150 juta lebih.

“Saat ini sudah mulai recovery. Warga yang kesulitan membayar angsuran bulanan tercatat semakin berkurang. Padahal saat awal masa pandemi lalu sekitar 40 persen anggota koperasi mengalami kredit macet. Angka NPL koperasi saat itu bahkan mencapai 30 persen lebih. Namun saat ini telah menurun menjadi sekitar 10 persen saja,” ujar Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Slamet mengatakan selama pandemi Covid-19, Yayasan Damandiri, memberikan relaksasi pada Koperasi Berkah Damandiri, dalam hal pembayaran cicilan pinjaman modal usaha. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pada warga masyarakat terdampak Covid-19, yang mengalami kesulitan keuangan.

“Selama masa pandemi kemarin, seluruh warga terdampak Covid-19, mendapatkan relalsasi. Mereka yang penghasilannya menurun akibat tak bisa bekerja atau di PHK, diperbolehkan untuk menunda pembayaran angsuran bulanan. Jadi mereka hanya diminta membayar bunga pinjamannya saja. Sehingga tidak memberatkan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sejak didirikan Yayasan Damandiri tahun 2018 lalu, Koperasi Berkah Damandiri hingga saat ini tercatat telah mampu menyalurkan pinjaman modal usaha mencapai Rp4,5 milyar pada sekitar 1.700-an warga miskin desa Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah.

Pinjaman modal usaha yang berasal dari Yayasan Damandiri ini diberikan sebagai bagian program pemberdayaan di bidang ekonomi, yang bertujuan mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan warga desa. Lewat akses pinjaman modal usaha inilah warga desa bisa memulai sebuah usaha baru yang dapat meningkatkan penghasilan keluarga mereka.

Lihat juga...