Seniman di Jember Peragakan Teknik Menggambar ‘Spray Paint Art’

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Aksi pertunjukan seniman di salah satu tempat hiburan di Jember, Jawa Timur, mendapatkan apresiasi dari penonton yang datang. Sang seniman itu menggunakan teknik menggambar yang berbeda.

Salah satu seniman, Novian Ramadhan mengatakan, teknik gambar yang diperagakan merupakan bagian dari spray paint art, alat yang digunakan merupakan cat semprot.

“Menggambar menggunakan teknik spray paint art biasanya seringkali pada kertas yang licin atau tidak berpori seperti kanvas. Sehingga cat yang digunakan tidak mudah terserap. Seperti kertas yang saya gunakan saat ini licin, namanya kertas duplek,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jember, Minggu (9/5/2021).

Menggunakan teknik spray paint art memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Karena pola penggambarannya tidak langsung seperti menggambar dengan teknik seni lukis.

“Setiap tema yang ingin saya gambar perlu perencanaan dan persiapan. Sebab kesulitannya cara menggambar spray paint art ini harus diimbangi dengan pola. Baik gambar karakter kerajaan, atau menggambar orang, perlu menggunakan pola duplikasinya yang nanti akan membentuk gambar tersebut,” ucapnya.

Novian menambahkan, selain memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam melukis, namun menggambar pemandangan atau galaxy dengan menggunakan cara spray paint art jauh lebih mudah.

“Cara gambar dengan teknik yang seperti ini bisa dilakukan dengan cepat, namun terkhusus untuk gambar yang tidak perlu pola. Seperti pemandangan, gambar galaxy tata surya. Bahan cat yang digunakan biasanya identik dengan masih basah, untuk mempercepat dalam pengeringannya dengan cara spray fair dalam beberapa detik saja ke arah lukisan, makan perlu memilih kertas yang tidak mudah terbakar. Sehingga menggambarnya cepat terselesaikan,” ucapnya.

Novian menyebutkan, beberapa seniman lukis di Jember yang menggunakan teknik spray paint art masih minim. Sehingga kesulitan saat melakukan pameran karya hasil karya miliknya.

“Semakin banyak yang menggunakan teknik seperti ini, maka akan lebih memiliki peluang besar dalam menonjolkan karya lukisan kita. Karena masih minimnya minat dari orang lain,” sebutnya.

Indra, penyuka karya lukisan mengatakan, dengan adanya pertunjukan dari seniman lukis, dirinya mengaku merasa terhibur dari segi cara menggambar.

“Hasil gambar yang dihasilkan halus. Biasanya kalau gambarnya terburu buru, dari cara mewarnainya tidak halus. Sedangkan gambar karakter samurai yang dihasilkan sangat bangus dan menarik,” ucapnya.

Lihat juga...