Seru dan Menyehatkan, Sensasi Berendam di Curug Cipanas Nagrak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Bandung tidak pernah kehabisan cerita tentang keindahan alamnya, tidak heran jika bumi pasundan tersebut selalu diserbu oleh para pengunjung untuk berlibur. Salah satu destinasi wisata alam yang patut dikunjungi adalah Curug Cipanas Nagrak, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tidak seperti curug (air terjun) pada umumnya yang menyajikan air dingin dan segar, objek wisata curug cipanas justru menghadirkan sensasi air terjun panas alami dan menyehatkan.

“Ini air terjunnya mengalir dari Gunung Tangkuban Parahu ke kolam dengan tiga undakan. Jadi sumbernya alami dan menyehatkan untuk tubuh,” ujar Sri, salah seorang pengunjung saat ditemui di lokasi yang berbatasan antara Kampung Nagrak, Kecamatan Lembang dengan Kampung Kancah, Kecamatan Parongpong, Minggu (23/5/2021).

Sri (paling kiri) bersama keluarganya tengah menikmati liburan di Curug Cipanas Nagrak, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (23/5/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

Sri mengatakan, bahwa kedalaman kolam di bawah curug cipanas tidak terlalu dalam, sehingga objek wisata tersebut juga bisa dinikmati dan aman untuk anak-anak.

“Memang pas buat berlibur dengan keluarga. Anak-anak pun senang bermain di sini. Ada yang khusus buat anak-anak ada juga yang khusus untuk orang dewasa,” ungkap Sri.

Selain itu, lanjut Sri, di area curug telah disediakan beberapa saung dan tikar tempat pengunjung beristirahat sambil menunggu anggota keluarga bermain air.

“Enaknya curug di sini tidak terlalu jauh dari parkiran. Biasanya kan curug itu jauh lagi dari tempat parkir, nah ini dekat, jadi nggak terlalu capek,” tandasnya.

Sementara itu, Dedi Priadi salah seorang pengelola objek wisata mengungkapkan, bahwa Curug Cipanas baru dibuka untuk umum sejak 2017. Hingga saat ini, cukup banyak masyarakat yang berkunjung demi berendam di kolam air panas tersebut.

“Mulai dibukanya itu pas lebaran 2017, jadi sampai sekarang baru tiga tahun. Memang dari dulu sebetulnya sudah ada, cuma dibuka untuk umum ya baru 2017 itu,” kata Dedi.

Tiket masuk yang dipatok untuk pengunjung dewasa seharga Rp 20 ribu sementara pengunjung anak-anak seharga Rp 15 ribu. Perjalanan dari lokasi parkir ke area curug pun tak terlalu jauh, hanya 5 menit.

“Sudah ada beberapa perbaikan untuk membuat pengunjung lebih nyaman. Jalannya ada yang sebagian ditempeli batu biar tidak terlalu licin,” terangnya.

Untuk menuju wisata ini, pengunjung bisa datang dari berbagai arah. Untuk pengunjung dari arah Cimahi, bisa mengaksesnya melalui Jalan Cihanjuang menuju Cihanjuang Rahayu. Kemudian mengarah ke Parongpong.

Untuk pengunjung dari arah Kota Bandung, bisa datang melalui Jalan Sersan Bajuri menuju Cihideung. Nantinya bakal menemui persimpangan Parongpong lalu belok kanan. Dari situ lokasi Curug Nagrak sudah tak jauh lagi.

Lihat juga...