Serunya Berwisata di Brown Canyon Semarang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Menjejakkan kaki di Brown Canyon Kota Semarang, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan bukit-bukit  tebing curam sejauh mata memandang.

Namun hal tersebut, justru menjadi daya tarik utama obyek wisata yang hingga sekarang, merupakan lokasi penambangan tanah di wilayah Meteseh, Tembalang, Semarang.

Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang populer di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat, sehingga dikenal dengan nama Brown Canyon, mengacu pada tebing tanah yang berwarna kecoklatan (brown-Inggris).

Dengan kontur topografi perbukitan yang naik turun, ditambah jalur jalan tanah merah nan berkelok, menjadikan perjalanan menuju Brown Canyon sebagai sebuah petualangan tersendiri. Tidak terkecuali bagi para wisatawan penggemar sepeda atau gowes.

“Seru sekali perjalanan menuju Brown Canyon Semarang, dari awalnya jalan cor beton lalu berubah menjadi jalan tanah yang naik turun, jadi cukup menantang. Namun tetap seru dan menyenangkan, apalagi kalau beramai-ramai,” papar Ellya, salah seorang wisatawan gowes, saat ditemui di Brown Canyon Kota Semarang, Minggu (30/5/2021).

Dipaparkan, rasa capek selama bersepeda menuju lokasi, seakan terbayar dengan pemandangan yang ada.

“Meski disini sebenarnya tempat galian C atau penambangan tanah, namun keberadaan bukit dengan tebing curam yang jadi ciri Brown Canyon, justru jadi menarik,” terangnya.

Kesempatan tersebut pun tidak disia-siakan dengan berfoto bersama, untuk mengabadikan momen tersebut.

Hal senada juga disampaikan Prasetyo, penggemar sepeda lainnya. Dirinya mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Brown Canyon sembari bersepeda.

“Tidak hanya orangnya saja yang difoto, sepedanya juga ikut foto dengan latar belakang bukit-bukit di Brown Canyon. Hasilnya juga bagus, seolah-olah sedang berada di wilayah antah berantah. Seru pokoknya,” terangnya.

Namun di satu sisi, karena lokasi tersebut masih merupakan lokasi penambangan aktif, jika ingin berkunjung harus menyiapkan masker dan sebaiknya berkunjung pada pagi atau petang hari.

“Pengunjung tidak dipungut biaya, kalau mau masuk ke Brown Canyon, hanya saja sebaiknya kalau berkunjung pagi atau sore hari, sebab saat siang, ada banyak truk pengangkut tanah yang hilir mudik,” tandasnya.

Lihat juga...