Simpan Pinjam Modal Kita Pesantunan Berikan Banyak Kemudahan bagi Warga

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BREBES — Keberadaan unit usaha Modal Kita yang dijalankan Koperasi Berkah Damandiri terbukti mampu memberikan manfaat luar biasa bagi perkembangan ekonomi masyarakat di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah.

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain mampu memberikan akses permodalan bagi warga, unit usaha Modal Kita juga mampu menggerakkan sekaligus menumbuhkan usaha-usaha baru di kalangan masyarakat. Baik itu usaha di sektor pertanian, perikanan, peternakan maupun perdagangan.

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, menyebut banyak kelebihan serta kemudahan yang didapatkan warga dengan bergabung menjadi anggota sekaligus nasabah unit simpan pinjam Modal Kita, Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan.

Di antaranya adalah proses serta persyaratan pinjaman modal usaha yang mudah, cepat dan tidak ribet. Akses pencairan dan pembayaran angsuran yang lebih dekat. Hingga bunga pinjaman yang lebih ringan jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.

“Manfaatnya banyak sekali. Di samping pinjaman di koperasi Berkah Damandiri ini prosesnya mudah dan cepat, bunganya juga hanya 1,5 persen. Jadi tidak memberatkan. Selain itu dengan sistem kelompok, anggota tidak perlu pergi jauh ke luar desa untuk membayar angsuran. Cukup di sekitar rumah masing-masing. Karena di 1 wilayah RW itu rata-rata terdapat 3 kelompok Modal Kita,” katanya.

Salah satu kelebihan yang juga tidak ditemui di lembaga keuangan lainnya adalah prinsip gotong-royong serta kekeluargaan yang diterapkan di unit usaha simpan pinjam Modal Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan. Seperti misalnya di saat masa pandemi lalu, warga yang mengalami kesulitan ekonomi diberikan toleransi dalam membayar angsuran.

“Misalnya kemarin saat pandemi, warga terdampak Covid-19, tidak serta merta dituntut untuk membayar penuh angsuran bulanan. Namun diberikan toleransi berupa tenggang waktu. Karena kita menerapkan prinsip kekeluargaan. Bahkan pengurus juga mendatangi rumah masing-masing anggota. Tidak seperti di lembaga keuangan lain yang seolah tidak mau tahu,” benernya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan desa Pesantunan Brebes, Jawa Tengah, sebagai desa binaan sejak tahun 2018 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri, melakukan berbagai upaya pemberdayaan, baik itu di bidang pendidikan kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi.

Selain menggelontorkan dana bantuan hibah sosial mencapai milyaran rupiah, Yayasan Damandiri juga turut menggelontorkan dana pinjaman modal usaha mencapai Rp2,5 milyar lebih pada Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, selaku motor perekonomian desa.

Dana pinjaman ini difokuskan untuk memberikan akses permodalan bagi warga. Selama 3 tahun berjalan, tercatat telah ada sebanyak 1.700 warga yang mendapat manfaat program pinjaman modal usaha ini. Yakni dengan total guliran dana mencapai Rp4,5milyar.

Lewat program pinjaman modal usaha inilah diharapkan, perekonomian warga desa akan tumbuh dan berkembang. Yang pada akhirnya akan mampu mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah.

Lihat juga...