Situ Ciburuy, Wisata Alam yang Murah di Bandung Barat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Akhir pekan selalu menjadi momen terbaik untuk berlibur bersama keluarga terkasih. Salah satu objek wisata yang patut ada dalam daftar destinasi pilihan Anda adalah Situ Ciburuy, yang berlokasi di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat ini menawarkan sensasi keindahan danau seluas 40 hektare dan kesejukan alam hijau di sekitarnya, yang dijamin dapat menghilangkan penat di pikiran usai menjalani rutinitas yang membosankan.

Kang Cecep Nasuha (42), salah seorang pengelola Situ Ciburuy mengatakan, para pengunjung juga bisa menyusuri keindahan danau dengan menggunakan sepeda air atau pun perahu.

Kang Cecep, salah seorang pengelola Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, saat ditemui di lokasi objek wisata alam tersebut, Miinggu (23/5/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

“Di tengah danau ada pulau kecil, nanti bisa ke situ, ada warung juga di sana. Bisa sekalian menikmati pemandangan. Biaya sewa naik perahu itu cuma Rp15.000 per orang. Kalau sewa sepeda air Rp20.000 selama setengah jam,” kata Kang Cecep saat ditemui di Situ Ciburuy, Minggu (23/5/2021).

Jika tidak ingin menggunakan fasilitas itu, pengunjung juga bisa saja menikmati keindahan danau dengan berjalan-jalan di sepanjang bantarannya. Atau menikmati makan khas Sunda yang dijajakan para pedagang di pinggir danau.

“Harga tiket masuknya saja, Rp5.000 per orang, murah meriahlah. Kita juga sudah siapkan fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan. Kalau kerumunan sepertinya nggak akan terjadi, kan di sini mah luas,” tutur Kang Cecep.

Selain menjadi objek wisata, Situ Ciburuy juga kerap dijadikan tempat berlatih bagi para atlet pecinta olahraga dayung. Menurut Rafan, salah seorang pedayung, berlatih di sana dididik langsung oleh pelatih profesional.

“Memang kalau atlet rata-rata di sini latihannya. Biasanya pagi dan sore banyak yang latihan. Kalau saya sendiri setiap Rabu dan Minggu saja latihanya,” ujar Rafan.

Lebih lanjut Rafan menyebut, bahwa mendayung di Situ Ciburuy sangat mengasyikkan. Selain lokasinya yang sejuk dan airnya yang bersih, track atau alur mendayung pun pas bagi pemula seperti dirinya.

“Kalau pemula biasanya daftar dulu. Jadi member, kemudian baru dibuatkan jadwal pelatihannya. Ini lokasinya bagus dan cocoklah untuk pemula, apalagi untuk para atlet,” pungkas Rafan.

Untuk mencapai Situ Ciburuy, Anda yang berada di Kota Bandung hanya perlu berangkat ke arah Barat Kota Bandung menuju Cianjur. Sesampainya di Padalarang, carilah terminal Damri Padalarang di sebelah kanan, dan Anda akan melihat luasnya hamparan air Situ Ciburuy.

Begitu pun bagi Anda yang berada di Kota Jakarta, Anda bisa langsung keluar gerbang tol Padalarang, lalu ambil jalur tujuan Cianjur. Lanjutkanlah perjalanan Anda sampai menemukan terminal Damri Padalarang.

Lihat juga...