Skateboard, Banyak Diminati Kalangan Milenial di Jember

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Olahraga skateboard semakin banyak diminati kalangan milenial di Jember. Bahkan sejak tahun 1999 telah berdiri komunitas skateboard di Jember dan hingga saat ini, banyak anak muda yang tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Benediktus Yustisio Adriano, Koordinator Komunitas Skateboard Jember, mengatakan, dirinya bersama teman komunitasnya, seringkali mengagendakan latihan bersama. Waktu yang digunakan untuk berlatih hampir setiap hari. Selain untuk melatih kemampuan bermain, juga untuk mempererat tali pertemanan.

“Permainan olahraga skateboard dibutuhkan konsistensi dalam berlatih. Karena bagi pemula, keseimbangan merupakan kunci dasar agar dapat lancar memainkan jenis olahraga dengan papan luncur ini,” ujar Benediktus Yustisio Adriano, kepada Cendana News, di alun-alun Kabupaten Jember, Minggu (23/5/2021).

Adriano menambahkan, olahraga skateboard telah digelutinya sejak lama, hingga beberapa teknik permainan sudah bisa dikuasai.

“Sama halnya dengan olahraga lainnya, apabila kita konsisten dalam berlatih, maka akan memahami teknik bermain, sehingga untuk peningkatan skill selanjutnya lebih mudah,” ucapnya.

Permainan olahraga skateboard memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan anak muda. Tren keberadaan  olahraga tersebut juga tak pernah surut, apalagi olahraga tersebut juga memiliki banyak manfaat.

“Sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya ialah melatih fleksibilitas. Selain itu adalah melatih keseimbangan, melatih ketahanan fisik, membakar kalori, menghilangkan stres, dan juga membuat seluruh anggota tubuh tetap bergerak secara dinamis,” katanya.

Adriano menambahkan, saat ini dirinya bersama teman di komunitas lainnya sedang merancang event dalam memperingati hari skateboard. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan  salah satunya ajang perlombaan.

Terpisah, Razan, pecinta olahraga skateboard menyatakan, tingkat kesulitan bagi pemula jika memainkan olahraga ini ialah ketika mengendalikan keseimbangan tubuh.

Razan (kiri) saat ditemui Cendana News di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (23/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

Seringkali, bermain skateboard juga dianggap mudah, namun sebenarnya tetap sulit untuk mereka yang baru mengawali belajar.

“Sekitar satu bulan baru bisa menguasai teknik dasar bermain olahraga ini. Itu pun bagi mereka yang benar-benar disiplin saat berlatih. Nantinya, kalau sudah mulai lancar, teknik lain bermain skateboard akan lebih mudah untuk dikuasai,” ucapnya.

Lihat juga...