Stasiun Jember Fasilitasi ‘Swab Test’ Calon Penumpang Kereta Api

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Calon penumpang kereta api di Stasiun Jember, Jawa Timur, tidak lagi diharuskan membawa surat izin perjalanan, namun untuk surat keterangan bebas Covid-19 masih berlaku hingga saat ini.

Pelakhar Manager Humas KAI Daop 9 Jember, Radhitya Mardika Putra mengatakan, bagi calon penumpang masih tetap diharuskan melakukan tes swab sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Bisa dilakukan di rumah sakit maupun puskesmas, atau bagi para calon penumpang kereta api dapat melakukan tes swab langsung di stasiun kereta api Daop 9 Jember.

“Setiap calon penumpang menunjukkan keterangan bebas Covid-19 yang terlampir dari hasil tes swab yang masih baru. Baik tes swab antigen maupun tes swab GeNose serta surat negatif Covid-19 dengan RT-PCR (Rapid Test Polymerase Chain Reaction),” ujar Radhitya Mardika Putra kepada Cendana News, Jember, Jumat (28/5/2021).

Pelakhar Manajer Humas KAI Daop 9 Jember, Radhitya Mardika Putra saat ditemui di Stasiun Jember, Jumat (28/5/2021). -Foto Iwan Feri Yanto

Radit menambahkan, PT KAI Daop 9 Jember sejak tanggal 25 Mei 2021 memberlakukan kebijakan tes swab antigen masih bisa digunakan selama kurun waktu 3×24 jam, serta hal serupa berlaku juga untuk hasil tes swab GeNose yang bisa digunakan saat melakukan perjalanan dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam dari hasil tes yang dilakukan.

“Sejak tanggal 18 Mei yang lalu, bagi setiap calon penumpang maupun mereka yang sudah melakukan pemesanan tiket, pada saat hari pemberangkatan kereta api namun tidak bisa menunjukkan ketentuan yang berlaku, maka dapat melakukan pembatalan perjalanan, dan pembayaran tiket yang sudah terealisasi akan dikembalikan 100%,” imbuhnya.

Ketentuan yang berlaku saat ini setelah pelarangan kegiatan mudik sejak tanggal 16 sampai 24 Mei lebih memudahkan para calon penumpang. Namun dalam disiplin penerapan protokol kesehatan diharuskan untuk tetap dilaksanakan.

“Normalisasi aktivitas keberangkatan penumpang sudah kembali normal. Di mana sebelumnya hanya berlaku untuk penumpang kereta api yang masuk dalam kriteria yang dikecualikan. Saat ini bagi penumpang masyarakat umum sudah bisa kembali melakukan perjalanan menggunakan kereta api,” ucapnya.

PT KAI Daop 9 Jember juga memberikan fasilitas tes swab di beberapa stasiun kereta api. Radit menyebutkan, untuk tes swab antigen tersedia di dua stasiun yakni Stasiun Jember dan Ketapang. Sedang untuk tes swab GeNose dapat dilakukan di 4 stasiun terkait, yakni di Stasiun Jember, Probolinggo, Kalisetail dan Ketapang.

“Bagi penumpang kereta api dapat melakukan tes swab GeNose di stasiun terkait dalam waktu pemberangkatan 1×24 jam dengan harga Rp30.000. sedang tes swab antigen yang bisa dilakukan dengan waktu 3×24 jam berlaku dengan harga Rp85.000 di dua stasiun terkait,” ungkapnya.

Angga, salah satu penumpang mengatakan, akses kereta api berdasarkan jadwal yang ditentukan akan mulai berangkat di hari minggu. Namun dirinya menggunakan tes swab dari fasilitan kereta api saat ini.

“Salah satu tes yang saya pilih yakni swab antigen. Karena rentan waktu untuk hasilnya masih cukup lama untuk bisa digunakan. Perjalanan yang saya tuju nantinya berhenti di Stasiun Gubeng Surabaya,” ucapnya.

Lihat juga...