Sudah 23.242 Orang Lansia di Riau Divaksin Dosis Pertama

Seorang petugas medis saat memberikan vaksin kepada salah satu kepala desa di Puskesmas Nogosaro Boyolali, Selasa (20/4/2021). ANTARA

PEKANBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Riau merekap, sudah sebanyak 23.242 orang Lanjut Usia (Lansia) di daerah tersebut, mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.

“Masih banyak lagi lansia di Riau yang belum divaksin COVID-19, sehingga untuk meningkatkan persentasenya, kita mulai menggandeng komunitas masyarakat, organisasi masyarakat dan swasta segera mencari dan mendata para lanjut usia itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (26/5/2021).

Menurut dia, selain melakukan pendataan, komunitas atau ormas dan pihak swasta tersebut, juga diminta ikut menyosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19. Kaum lansia menjadi sasaran prioritas, karena berpotensi mudah tertular atau menularkan virus corona.

Hal itu dikarenakan, kondisi fisik mereka yang sudah melemah. Apalagi saat ini, banyak lansia yang sudah terpapar COVID-19, dan ketika terpapar maka kondisi mereka akan makin berat dan bisa menyebabkan kematian. “Karena itu keterlibatan komunitas sangat dibutuhkan, untuk menuntaskan,” tandasnya.

Sementara itu data yang sama menyebut, lansia yang sudah disuntik vaksin COVID-19 untuk dosis kedua sebanyak 14.651 orang. Sedangkan target jumlah lansia di Riau yang divaksin sebanyak 582.505 orang. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Pemko Pekanbaru memerintahkan camat dan lurah, untuk segera menyiapkan data para lansia di wilayah mereka. “Kepada para camat, lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, kita mesti cepat melaksanakan tugas memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan cepat guna menggerakkan perekonomian,” kata Walikota Pekanbaru, Firdaus. (Ant)

 

Lihat juga...